Walisongo Yang Terkenal Aktif Berdakwah Melalui Saluran Kesenian Adalah

Yang dimaksud Rasul Allah
Yang dimaksud Rasul Allah

Walisongo Yang Terkenal Aktif Berdakwah Melalui Saluran Kesenian Adalah– Wali songo atau Sembilan wali memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di Nusantara, khususnya Pulau Jawa. Sembilan orang wali yang dimaksud adalah Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Dradjad, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, serta Sunan Gunung Jati.

Sembilan wali ini memiliki keterkaitan erat, baik berdasarkan ikatan darah ataupun hubungan guru dan murid. Mereka tinggal di pantai utara Pulau Jawa sejak awal abad ke-15 hingga pertengahan abad ke-16 di beberapa wilayah, yakni Surabaya-Gresik-Lamongan di Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, serta Cirebon di Jawa Barat.

Pemilihan wilayah-wilayah ini bukan tanpa sebab, tapi sudah diperhitungkan oleh para Wali. Ini juga menjadi faktor penting penyebaran Islam di Jawa dan wilayah lainnya. Walisongo Yang Terkenal Aktif Berdakwah Melalui Saluran Kesenian Adalah

Dalam buku Jejak Para Wali dan Ziarah Spiritual karya Purwadi, salah satu kemungkinan alasan para wali memilih Pulau Jawa karena melihat Jawa sebagai pusat kegiatan ekonomi, politik, dan kebudayaan di Nusantara pada masa itu. Daerah pesisir Jawa yang menjadi kota pelabuhan merupakan fokus utama karena banyak dikunjungi oleh pedagang dari luar Jawa. Ini memungkinkan penyebaran Islam bisa lebih masif.

Selain itu, pemilihan Cirebon sebagai tempat dakwah Sunan Gunung Jati berkaitan dengan jalur perdagangan rempah-rempah sebagai komoditi yang berasal dari Indonesia Timur ke Indonesia Barat. Strategi geopolitik inilah yang menentukan keberhasilan penyebaran Islam selanjutnya.

Berikut walisongo yang aktif dalam dakwah kesenian

Wali Songo yang terkenal aktif berdakwah melalui saluran kesenian adalah?

  • Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Muria
  • Sunan Kudus, Sunan Ampel, Sunan Bonang
  • Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Kalijaga
  • Sunan Gunung Jati, Sunan Kudus, Sunan Ampel
  • Sunan Muria, Sunan Kalijaga, Sunan Gunung Jati

Jawaban: C. Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Kalijaga

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, wali songo yang terkenal aktif berdakwah melalui saluran kesenian adalah sunan giri, sunan bonang, sunan kalijaga.