Apa Yang Dimaksud Dengan Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah Jelaskan

Yang dimaksud Rasul Allah
Yang dimaksud Rasul Allah

Apa Yang Dimaksud Dengan Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah Jelaskan– Pembahasan mengenai Apa Yang dimaksud iman kepada pada rasul Allah adalah mempercayai adanya rasul. dan rasul-rasul tersebut diutus oleh Allah untuk membawa ajaran berupa wahyu-wahyu Allah, sehingga kita wajib untuk mengikuti ajaran yang disampaikan oleh para rasul.

Iman artinya percaya / yakin, berarti, kita harus mempercayai adanya rasul dan percaya bahwa ajaran yang disampaikan berisi perkataan / firman Allah. Sebab ajaran tersebut berisi kebenaran.

Jawabannya

Beriman kepada para rasul, maksudnya adalah mempercayai adanya rasul, mempercayai ajaran yang disampaikan Rasul adalah wahtu-wahyu Allah, sehingga kita wajib mengikuti apa yang dikatakan oleh para Rasul.

Kata rasul berasal dari “arsala” yang berarti “mengutus”. Sedangkan rasul menurut istilah artinya seorang laki-laki sholeh yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan-Nya kepada umat manusia. Pesan tersebut diberikan melalui wahyu yang diterima oleh para rasul.

Umat Islam diwajibkan untuk beriman kepada rasul-rasul Allah SWT karena mereka adalah golongan insan kamil (orang yang sempurna). Para rasul juga mempunyai sifat yang terjaga dari dosa. Apa yang disampaikan oleh para rasul bukan berasal dari inisiatifnya sendiri, melainkan atas perintah atau wahyu dari Allah SWT. Apa Yang Dimaksud Dengan Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah Jelaskan

Allah SWT berfirman dalam surat Al An’am ayat 48:

“Para rasul yang Kami utus itu adalah untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. Barangsiapa beriman dan mengadakan perbaikan, maka tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (QS. Al An’am ayat 48).

Iman kepada rasul juga bisa mendatangkan banyak manfaat. Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam surat Al Fath ayat 13 yang artinya:

“Dan barangsiapa tidak beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir itu neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al Fath ayat 13).

Arti iman kepada rasul adalah memercayai dan meyakini bahwa Allah SWT mengirimkan seseorang kepada setiap umat untuk menyeru agar beribadah kepada satu-satunya tuhan, yakni Allah SWT.