Maksud Beriman Kepada Allah Melalui Kitab Suci

Apa Maksud Beriman Kepada Allah Melalui Kitab Suci, Jelaskan?–Iman kepada Allah saat ini banyak manusia melakukannya , karena faktor kebutuhan dan iman kepercayaaan terhadap sang pencipta. Mari kita bahas Apa Maksud Beriman Kepada Allah Melalui Kitab Suci !

Pengertian iman kepada kitab Allah swt

Menurut bahasa, iman adalah percaya atau membenarkan. Menurut istilah, iman adalah kepercayaan yang diyakini kebenarannya dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. Jadi, iman kepada kitab-kitab Allah swt artinya percaya dan meyakini bahwa Allah swt mempunyai kitab yang telah diturunkan kepada para rasul-Nya agar menjadi pedoman hidup bagi umatnya. Hukum beriman kepada kitab-kitab Allah swt adalah fardhu’ain (wajib bagi setiap orang yang beragama Islam). Muslim (Orang Islam) yang tidak mempercayai adanya kitab-kitab Allah swt maka dinamakan murtad (keluar dari ajaran Islam).

Beriman kepada kitab Allah swt merupakan rukun iman yang ketiga. Mengimani kitab Allah swt berarti kita harus mempercayai dan mengamalkan segala sesuatu yang terkandung di dalam kitab tersebut.

Iman terhadap kitab Allah swt merupakan salah satu landasan agama kita. Allah swt berfirman yang artinya:

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan. Akan tetapi, sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman dengan Allah swt, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi….”

(QS. Al-Baqarah: 177).

Apa Maksud Beriman Kepada Allah Melalui Kitab Suci, Jelaskan?

Arti beriman kepada Tuhan melalui Al-Qur’an adalah bahwa Allah SWT menurunkan Al-Qur’an yang berisi firman-Nya, melalui membaca dan memahami Al-Qur’an kita mengenal Allah lebih baik dan lebih percaya kepada-Nya.

Dalam Al-Qur’an kita belajar tentang Allah, misalnya dalam surat Al-An’am ayat 102 yang artinya: “Inilah Allah, Tuhanmu; tidak ada Tuhan selain Dia; Pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia ; Dia adalah Pemelihara segala sesuatu.”

Oh, maka hanya ada satu Tuhan dan satu-satunya Tuhan, tidak ada Tuhan selain Allah. Ada banyak ayat tentang Allah dalam Al Quran. Semakin banyak kita membaca Al Quran, semakin kita mengenal Allah.

Misalnya membaca Alhamdulillahirobilalamin yang artinya segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Dari sini kita tahu bahwa oh, ternyata Allah adalah Tuhan semesta alam.

Kita juga mengetahui dari Al-Qur’an apa saja perintah dan larangan Allah yang secara alami baik dan benar bagi kita.

Beriman Kepada Allah Melalui Kitab Suci adalah

Jawaban:

Yang dimaksud dengan kepada Allah Swt melalui Al-Qur’an adalah Allah Swt yang menurunkan Al-Qur’an yang berisi wahyu Allah, dengan adanya kitab suci Al-Qur’an kita lebih kenal dan mempercayai Allah.