Lupa Nomor BPJS? Jangan Panik! Ini Solusinya

Liputanberitaku.com — BPJS adalah organisasi pengelola jaminan sosial (organisasi pengelola jaminan sosial). BPJS mengelola jaminan kesehatan nasional Indonesia untuk jangka waktu yang singkat, seperti Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN. Ada dua versi BPJS: BPJS Kesehatan (penerus PT Askes) dan BPJS Ketanagakerjaan (penerus Jamsostek). Yang pertama untuk pekerja bukan pegawai / mandiri / tidak tetap yang mengelola JKN, dan yang terakhir untuk pegawai. Keduanya adalah perusahaan asuransi pemerintah yang didirikan berdasarkan UU No.1. Pada tanggal 24 tahun 2011.

Seluruh penduduk Indonesia wajib berpartisipasi secara pribadi dalam penggunaan BPJS, termasuk ekspatriat dalam ITAS / P pada Januari 2019. Pekerja asing (dan keluarganya) yang telah bekerja setidaknya selama 6 bulan harus didaftarkan oleh pemberi kerja mereka.

Apakah Anda salah satu pengguna BPJS? Jika iya, kali ini kami akan memberikan ulasan tentang BPJS dan apa yang harus Anda lakukan jika Anda lupa nomor BPJS Anda. Mari langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Untuk mengetahui nomor kartu BPJS kesehatan yang hilang atau lupa sebenarnya sangat mudah, syaratnya adalah anggota keluarga Anda (sesuai KK) ada yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan dan memiliki kartunya.

Langkah-langkah untuk mengetahui nomor kartu BPJS Anda yang hilang adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan kartu BPJS salah satu keluarga Anda yang masih ada.
  2. Buka situs cek pembayaran tagihan BPJS yang disediakan oleh situs resmi bpjs-kesehatan.go.id.
  3. Sistem akan meminta Anda untuk memasukkan data-data berikut ini: Nomor kartu BPJS (isikan nomor kartu BPJS anggota keluarga yang masih ada di dalamnya). Tanggal lahir (masukkan tanggal lahir di kartu BPJS). Kode verifikasi (isi nomor yang tertera pada gambar di atas).
  4. Jika data sudah terisi silahkan tekan tombol “check”, sistem akan mengecek data yang anda masukkan, silahkan tunggu sampai selesai.
  5. Jika sudah benar maka akan terlihat tampilan informasi data peserta BPJS yang dimasukan, antara lain: nama peserta, nomor peserta, status kepesertaan, jenis peserta, jumlah anggota keluarga, informasi tagihan, denda, dan jumlah tagihan, dan informasi tanggal pembayaran terakhir.

 

Cara di atas sebenarnya cara untuk mengecek tagihan iuran bulanan BPJS yang dimiliki akun Anda, namun bisa juga Anda gunakan untuk mengetahui nomor kartu BPJS anda yang hilang atau mungkin secara tidak sengaja lupa.

Dengan cara di atas, maka setiap anggota keluarga Anda sesuai KK yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS akan muncul, dengan data, nama peserta, no. peserta, jumlah biaya tunggakan, dan sebagainya.

 

Cara Mengetahui Nomor Virtual Akun BPJS

Bagi peserta BPJS Kesehatan yang lupa dengan nomor virtual accountnya maka untuk mengetahuinya cukup mudah. Cukup lihat kartu peserta BPJS yang dimiliki dan hilangkan 2 digit angka 0 (nol) di depan nomor peserta.

Setelah 2 digit angka 0 (nol) dihilangkan, Anda bisa menambah kode bank rekening pada awal nomor peserta BPJS Kesehatan tadi. Cek langsung contohnya di bawah ini:

Nomor kartu yang ada di daftar isian peserta adalah 0001430071817, Maka Nomor Virtual Accountnya adalah:

  • BNI: 88888 0 1430071817
  • BRI: 88888 0 1430071817
  • MANDIRI: 89888 0 1430071817

Butuh bantuan lebih lanjut? Hubungi BPJS hotline 24 jam di 1500400 (Indonesia).

Pembayaran premi dapat dilakukan melalui ATM, online banking atau teller Bank Mandiri, BNI dan BRI. Selain itu, Anda juga dapat mengatur kartu debit otomatis di bank Anda. Adapun beberapa tempat lain yang bisa membayar premi, antara lain Alfamart dan Indomart, kantor pos atau kantor BPJS setempat.

Demikian beberapa ulasan kami tentang BPJS Kesehatan. BPJS memang tak hanya membantu Anda dalam mempermudah proses apabila Anda atau anggota keluarga Anda sakit, tapi juga dapat meringankan biaya pengobatan yang harus Anda keluarkan. Semoga membantu 🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli