Organ Gerak Manusia Tidak Dapat Bergerak

Tanpa Organ Gerak Manusia Tidak Dapat Bergerak–Ide pokok adalah ide yang menjadi topik utama dalam sebuah paragraf. Terdapat dua ide pokok dalam sebuah paragraf, yaitu ide pokok dan ide pendukung. Ide pendukung berfungsi untuk menjelaskan atau menjabarkan ide pokok. Mari kita bahas Tanpa Organ Gerak Manusia Tidak Dapat Bergerak.

Proses inilah yang membuat manusia dapat melakukan gerakan. Tulang merupakan bagian terpenting dalam organ gerak. Walaupun bersifat pasif tulang mempunyai peranan untuk mebantu otot agar bisa melakukan gerakan, tanpa adanya tulang ototpun tidak akan dapat melakukan suatu gerakan.

Organ gerak berfungsi agar mahkhluk hidup bisa berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya. Tulang membutuhkan alat gerak aktif untuk dapat bergerak. Tanpa alat gerak aktif yang memengaruhi tulang-tulang pada manusia dan hewan, maka manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan sesungguhnya.

Pembahasan

Perintah soal di atas adalah mengembangkan ide pokok tersebut menjadi sebuah paragraf. Cara menyusun menjadi sebuah paragraf yang paling mudah adalah dengan meletakkan ide pokok pada awal paragraf.

Ide pokok:

Manusia akan seperti robot, yang tidak akan bisa bergerak apabila tidak ada yang menggerakkannya. Sama halnya seperti otot, yang berperan dalam menggerakkan tulang. Apabila tidak otot, manusia akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.