Latarbelakangi Terbentuknya Kampung Pancasila

Latarbelakangi Terbentuknya Kampung Pancasila–Pertanyaan tentang latar belakang pembangunan desa pancasila terkait dengan teks “Persatuan di desa pancasila”. Jawaban atas pertanyaan ini dapat ditemukan di bagian selanjutnya. Mari kita bahas Apa Yang Melatarbelakangi Terbentuknya Kampung Pancasila.

Desa pancasila merupakan julukan desa yang dijadikan contoh perwujudan nilai-nilai pancasila. Istilah Desa Pancasila terdapat di Desa Lengkong Wetan, Desa Kecamatan Tebing Tinggi dan Desa Balun.

Mengutip buku Prosiding Kongres V Pancasila Sudjito, program Desa Pancasila dilaksanakan melalui tiga tahapan, yakni pemaknaan, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila. Sedangkan proses pelaksanaannya meluas ke bidang sosial, budaya dan ilmu pengetahuan.

Pemerintah memilih daerah itu sebagai desa Pancasila dengan tingkat toleransi beragama yang tinggi. Lantas apa latar belakang terciptanya desa pancasila? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Latar belakang berkembangnya desa pancasila adalah sebagai berikut:

  • Melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman bagi manusia Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.
  • Sebagai contoh penerapan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.
  • Sebagai contoh toleransi antar umat beragama.
  • Misalnya, hidup damai tanpa konflik meskipun ada perbedaan agama, suku, dan ras.
  • Di daerah yang dipilih sebagai desa pancasila, terdapat keharmonisan masyarakat.

Pembahasan

Yang melatarbelakangi terbentuknya kampung Pancasila adalah karena dikampung Balun yang dikenal dengan kerukunan umat beragama yang sangat baik, sehingga menjadi kampung percobaan program pengembangan P4. Program P4 sendiri merupakan pedoman, pemahaman dan pengamalan Pancasila. Pembaruan konstan dari P4 itu sendiri dimulai pada tahun 1990.

Tujuan didirikannya kampung Pancasila adalah untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama di kampung Balun. Agama yang ada di desa ini antara lain Islam, Budha dan Kristen.