Mereka Menyikapi Ide-Ide Berbeda

Mereka Menyikapi Ide-Ide Berbeda–Pertanyaan bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda terkait dengan teks buku tematik Mozaik Kreasi Bersama untuk siswa kelas 4 SD. Mereka menanggapi perbedaan gagasan tersebut dengan menghormati dan menghargainya, mendiskusikannya secara terbuka, bahkan menyempurnakannya dengan gagasan lain. Hal ini sesuai dengan apa yang dilakukan Edo dan Lani dalam teks tersebut.

Bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda? Jawaban: Cara menyikapi ide yang berbeda adalah dengan cara menghormati ide yang disampaikan oleh seseorang. Jika ide yang disampaikan teman itu baik, bisa untuk dilaksanakan akan tetapi jika ide yang disampaikan kurang tepat, sebaiknya kita tetap menghargai ide tersebut.

Nilai-nilai apa yang dapat kita contoh dari cerita Lani di atas? Jawaban: Nilai kerjasama, dan nilai menghargai pendapat orang lain. Ide yang berbeda dapat memberikan manfaat yaitu pilihan ide semakin banyak, semakin beragam, dan dapat menambah wawasan baru untuk kita.

Pembahasan

Perbedaan adalah sebuah keniscayaan. Intinya perbedaan pasti ada di antara kita, karena perbedaan itu datangnya dari Tuhan dan manusia tidak bisa menghindarinya. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan orang adalah merasakan perbedaan secara positif agar dapat hidup rukun dan harmonis.

Salah satu perbedaan yang selalu kita miliki adalah perbedaan ide atau perbedaan pendapat. Hal ini wajar mengingat cara berpikir, selera, budaya, latar belakang sosial dan sebagainya, setiap orang berbeda. Perbedaan antara ide, visi, dan pendapat ini harus dilihat secara positif, karena jika dilihat secara negatif akan menimbulkan kesenjangan. Di sisi lain, jika kita melihatnya secara positif, itu akan menjadi jalan pemersatu.