Menurut Pendapat Kamu Apabila Ada Teman Yang Berkata Kotor

Menurut Pendapat Kamu Apabila Ada Teman Yang Berkata KotorApabila kita mendapati teman kita berkata kotor hendaknya kita menasihatinya dengan nasihat yang baik agar tidak menimbulkan sakit hati atau yang lainnya. “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam” HR. bukhori dan muslim.

Bicara kasar atau kotor hanya akan menimbulkan kemarahan dan dendam antar sesama umat muslim. Selain itu, berkata kasar juga dapat menyakiti lawan bicaramu. Agama Islam melarang umatnya untuk berkata kasar, kotor, atau memaki sesama.

Sebagai wanita, kita tentu tidak luput dari dosa yang disengaja maupun tidak disengaja, seperti berbicara kasar. Namun, perlu Anda pahami bahwa setiap orang, termasuk wanita yang berbicara kasar, merupakan perbuatan yang tidak baik.

Berbicara kasar atau kotor hanya akan menimbulkan kemarahan dan dendam di antara sesama muslim. Selain itu, berbicara kasar juga dapat menyakiti orang yang Anda ajak bicara.

Islam melarang umatnya untuk berkata kasar, kotor, atau mengutuk orang lain. Hal ini terdapat dalam hadits yang membahas tentang hukum berbicara kasar atau kotor dalam Islam. Untuk itu, simak penjelasan wanita berbicara kasar dalam Islam berikut ini.

Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada teman yang berkata kotor? Menasihatinya dengan cara yang baik agar tidak mengulanginya lagi.

Pembahasan

Berkata baik merupakan tutur kata yang lebih sopan dan bermanfaat tanpa menyinggung pihak lain.

Apabila kita mendapati teman kita berkata kotor hendaknya kita menasihatinya dengan nasihat yang baik agar tidak menimbulkan sakit hati atau yang lainnya.

Hadist tentang berkata yang baik :

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam” HR. bukhori dan muslim.

Apa manfaat berkata yang baik?

  • Disukai oleh banyak orang.
  • Mudah mendapatkan bantuan dari orang lain.
  • Disegani, dihormati, dan dipercaya siapapun.