Menjelaskan Tentang Apakah Teks Prosedur Itu

Menjelaskan Tentang Apakah Teks Prosedur Itu–Pengertian teks prosedur adalah teks yang mengajarkan kepada pembaca mengenai cara memakai alat, membuat sesuatu, atau melakukan sebuah pekerjaan. Demikian dikatakan dalam buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI yang disusun Suherli dkk.

Pada umumnya biasa digunakan untuk memaparkan resep, tips, kiat, dan langkah lainnya. Agar lebih memahami mengenai teks prosedur, baca ulasan lengkapnya berikut ini.

Jenis-jenis teks prosedur
Dalam bukunya Cara Menguasai Soal Bahasa Indonesia, Tomi Rianto menjelaskan jenis-jenis berikut:

  • Protokol : teks prosedur yang langkah-langkahnya tidak terlalu kaku/rumit dan mudah dipahami.
  • Teks Prosedur Sederhana: Teks prosedur yang berisi langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam dua atau tiga langkah.
  • kompleks: Teks prosedur terdiri dari beberapa langkah, di mana langkah-langkahnya berjenjang dan setiap langkah memiliki sub-langkah.

Struktur teks prosedur

  • Judul: berisi nama objek yang akan dibuat, pekerjaan yang akan dilakukan atau objek yang akan digunakan.
  • Pendahuluan: berupa pernyataan yang memberikan informasi umum tentang apa yang akan diproduksi, dikerjakan atau digunakan. Pengenalan teks prosedur dapat berupa paragraf pengantar, yang menunjukkan tujuan penulisan.
  • Prosedur: Langkah-langkah disusun secara sistematis.
  • Alat dan Bahan/Persyaratan : Meliputi daftar alat atau bahan dan persyaratan yang harus dibawa.
  • Penutup: berisi kesimpulan/rekomendasi, banding atau ucapan terima kasih

Dari isinya menjelaskan tentang apakah teks prosedur itu? Teks prosedur adalah sebuah teks yang berisi tentang tata cara atau langka” dalam mencapai tujuan yg dimaksudkan.

Pembahasan :

Teks prosedur adalah sebuah teks yang berisi tentang tata cara atau langka” dalam mencapai tujuan yg dimaksudkan

ada 3 macam , yaitu :

  1. Teks prosedur sederhana
  2. kompleks
  3. ptotokol

Dilihat dari isinya , teks prosedur sederhana itu menjelaskan atau menyajikan suatu prosedur yang hanya dapat ditempuh dengan tiga langka saja.

kompleks itu menjelaskan tentang langka” atau tahapan” yg harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan , dan langka” itu merupakan keharusan , jika ada yg tdk dilakukan maka tujuan tidak akan tercapai.

prosedur protokol itu menjelaskan tentang langka” atau tahapan yang dapat mencapai maksud yg diinginkan , namun langka” itu tdk harus sesuai apa yg terterah , bisa saja kita berusaha mengurangi langka”nya.