Berikut Yang Bukan Merupakan

Berikut Yang Bukan Merupakan-  Pada pilihan jawaban di soal, berikut yang bukan merupakan usaha yang dikelola mandiri atau sendiri adalah FIRMA. Dengan demikian maka jawaban yang benar adalah D.

Firma berasal dari bahasa Belanda, yakni vennootschap onder yang artinya perserikatan dagang antara beberapa perusahaan. Firma ini menjadi persekutuan dari beberapa badan usaha yang kemudian menjalankan bisnis antara dua orang atau lebih menggunakan satu nama.

Di mana setiap anggotanya mempunyai tanggung jawab penuh atas kemajuan perusahaan. Nah, di Indonesia sendiri firma sudah masuk dan diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD) serta Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).

Adapun pengertian firma dalam KUHD yaitu tiap-tiap perserikatan yang didirikan guna menjalankan sebuah perusahaan yang berada di bawah satu nama bersama. Kemudian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) juga disebutkan tentang pengertian firma, yaitu perserikatan dagang yang didirikan untuk menjalankan usaha bersama di bawah satu nama yang setiap anggotanya memiliki tanggung jawab penuh. Jadi ketika menjalankan firma, setiap anggota wajib berperan aktif demi kemajuan perusahaan. Lalu untuk kegiatan usaha yang dijalankan bisa dalam usaha skala kecil atau skala besar.

Pembahasan

Jawaban yang benar untuk soal di atas adalah Firma (D). Namun agar lebih yakin dengan jawaban terpilih, mari kita analisis semua pilihan jawaban yang ada pada soal:

  • A. Jawaban salah, usaha jasa seringnya dikelola sendiri, utamanya jika usaha jasa tersebut adalah usaha skala kecil yang masih merintis. Soal menginginkan jenis usaha yang bukan termask usaha yang dikelola sendiri sehingga jawaban salah.
  • B. Jawaban salah, sama seperti usaha jasa, usaha pertanian juga umumnya dikelola sendiri. Hal ini umum dijumpai di pedesaan. jawaban ini salah.
  • C. Jawaban salah, industri kecil juga ada seringkali dikelola secara mandiri atau perseorangan. Utamanya industri rumahan seperti kerajinan dan lain sebagainya. Oleh karena soal menghendaki pengecualian maka jawaban ini salah.
  • D. Jawaban benar, firma adalah salah satu bentuk persekutuan. Maksud firma adalah usaha yang dijalankan dua perusahaan (bisa lebih) di mana mereka menggunakan nama yang disepakati bersama. Dengan demikian, jelas firma bukan usaha yang dijalankan sendiri.