Tips Foto Bokeh, Membuat Foto Model Menarik Dan Tampak Cantik

Liputanberitaku.com — Foto Bokeh selalu menarik untuk dilihat. Ini adalah fakta yang sangat dikenali oleh para fotografer. Salah satu trik mudah dan cepat agar foto tersebut tampak menarik adalah dengan menambahkan efek foto bokeh di dalamnya!

Efek bokeh atau buram (Bokeh sendiri diperoleh dari bahasa Jepang dan memiliki arti yang serupa) adalah foto yang menonjolkan beberapa foto atau objek foto yang terlihat tajam, sedangkan foto lainnya tampak blur atau buram.

Semakin blur atau semakin halus bokeh yang terlihat (sering diistilahkan dengan bokeh yang creamy), biasanya foto tersebut akan semakin terlihat menarik. Nah, efek bokeh ini bisa menjadi salah satu trik bagi Anda saat memotret model agar foto tampak wah dan keren.

Terkadang, kita akan menemukan bahwa lingkungan pengambilan gambar tidak mendukung, seperti latar belakang yang jelek atau penuh sesak, dan bahkan berlawanan dengan subjek yang kita inginkan. Tak hanya background, terkadang juga cuaca yang kurang bersahabat, situasi pemotretan yang canggung dan banyak faktor lain yang bisa membuat hasil foto jadi kurang baik.

https://miro.medium.com/

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan trik bokeh untuk memisahkan model dari latar belakang. berikut caranya :

Gunakan lensa prime berbukaan besar

Foto-foto di postingan ini, saya ambil menggunakan lensa 50mm dengan bukaan terbesar di f/1.8. Salah satu cara paling mudah mendapatkan efek bokeh adalah menggunakan lensa prime 50mm atau 35mm, kemudian atur di mode AV/A atau manual, pilih aperture paling besar yang ada misalnya f/1.8.

Namun, menggunakan aperture paling besar tentu efek bokeh paling terasa, tapi foto jadi rentan salah fokus karena bidang tajam yang sangat sempit.

Ambil foto portrait

Dengan mengambil foto portrait, artinya kita akan lebih mendekat kepada model yang ada, dengan begitu bokeh yang tercipta tentu lebih ciamik. Prinsip dasarnya adalah semakin dekat kamera dengan subjek foto, bokeh lebih mudah tercipta.

Jauhkan model dari background

Karena tujuan utama kita untuk memisahkan model dari background dengan efek foto bokeh, maka usahakan model Anda posisinya lebih jauh dari backgroundnya. Semakin jauh model dari background, maka akan semakin blur background.

https://www.blibli.com/

Prinsip ini juga berlaku saat Anda menggunakan smartphone.

Manfaatkan Lensa tele

Mendekatkan kamera dengan model Anda tak hanya dengan secara fisik, kita bisa memanfaatkan lensa tele dalam hal ini. Dengan lensa tele maka objek yang jaraknya jauh akan terlihat dekat, dengan prinsip itu juga maka lensa tele mudah untuk membuat efek bokeh.

Lensa 85mm juga termasuk lensa tele, meski tidak terlalu jauh. Saat dipasangkan di kamera APSC, fokal lensanya setara 127.5mm-136mm yang cukup tele. Memadukan lensa tele dengan bukaan besar tentu semakin mudah dan cantik efek foto bokeh yang didapatkan. Jika kamu Belum punya lensa prime 50mm, Manfaatkan saja dulu lensa kit Anda, dan praktekkan tahap no 2-4 di atas, efek foto bokeh tentu masih bisa didapatkan meski tak secantik lensa prime dan hanya pakai lensa kit.

 

Sebagai awalnya, berlatihlah terlebih dahulu dengan memotret benda mati atau objek tak bergerak di sekitar Anda. Setelah terbiasa, maka dengan mudah Anda bisa menerapkannya saat memotret model di sesi pemotretan yang lebih serius. Semoga bermanfaat 🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli