Apa Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia

Apa Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia

 

Apa fungsi pancasila bagi bangsa indonesia? Pancasila merupakan ideologi dasar bagi bangsa Indonesia. Pancasila ini memuat lima sila atau prinsip yang menjadi pedoman hidup bagi bangsa dan negara. Sebagai ideologi dan pedoman hidup, pancasila memiliki sejumlah fungsi yang dijelaskan pada bagian berikut.

Pembahasan

Berikut ini adalah beberapa fungsi pancasila bagi bangsa Indonesia:

  • Berfungsi sebagai dasar dari negara Indonesia sehingga diposisikan sebagai landasan dalam mengatur serta menyelenggarakan pemerintahan.
  • Pancasila berfungsi sebagai sumber nilai, maksudnya adalah bahwa pada setiap sila pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjadi acuan atau dasar berperilaku dan mengambil tindakan.
  • Sebagai kepribadian bangsa Indonesia, maksudnya adalah bahwa pancasila merupakan corak khas yang membedakan Indonesia dengan bangsa lainnya di dunia.
  • Sumber segala sumber hukum bagi bangsa Indonesia, maksudnya adalah pancasila menjiwai semua produk hukum yang ada di Indonesia.
  • Sebagai cita-cita serta tujuan bangsa Indonesia sehingga difungsikan sebagai paradigma pembangunan.
  • Perjanjian luhur bangsa Indonesia yang digali dari dalam diri bangsa Indonesia sendiri dan kemudian disepakati oleh rakyat.

Apa arti pancasila bagi bangsa indonesia

Ketuhanan Yang Maha Esa

Makna Pancasila dari sila pertama ini adalah warga negara Indonesia bertakwa dan bertakwa kepada Tuhan, ekspresi tawakal dan takwa tentunya disesuaikan dengan agama dan kepercayaan masing-masing orang.

Makna sila pertama ini mengingatkan masyarakat Indonesia akan pentingnya saling menghormati dan menghargai. Toleransi di tengah keberagaman memungkinkan terciptanya kehidupan yang harmonis.

Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Dalam sila kedua ini, setiap warga negara harus memahami persamaan derajat pada setiap manusia. Artinya, semua orang harus saling mencintai dan menghormati tanpa kecuali dan bebas dari pengaruh SARA.

Perbedaan suku, agama, ras, dan golongan bukanlah alasan untuk bersikap acuh tak acuh, tidak mau membantu, dan tidak mau peduli satu sama lain. Kemudian semua manusia dapat bekerja sama untuk melindungi kebenaran dan keadilan dalam masyarakat.

Persatuan Indonesia

Makna Pancasila dalam sila ketiga adalah bangsa Indonesia wajib mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. Secara alami, persatuan dan kesatuan harus menjadi prioritas utama.

Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Khidmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Dalam Pancasila sila keempat mengajak untuk tidak memaksakan kehendak kepada orang lain. Arti lainnya adalah seruan untuk selalu mengutamakan kepentingan negara dan orang lain.

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Makna sila kelima dalam Pancasila adalah pentingnya mengembangkan kebajikan melalui kekeluargaan dan gotong royong. Sila ini juga mengingatkan kita akan pentingnya keadilan.