luqman adalah hamba allah keturunan dari nabi

Luqman Adalah Hamba Allah Keturunan Dari Nabi

 

Pertanyaan pada soal berkaitan dengan luqman adalah hamba allah keturunan dari nabi?, yakni manusia shaleh yang pandai bersyukur sehingga diberikan derajat dan kemuliaan yang tinggi di sisi Allah SWT. Luqman Al-Hakim adalah manusia biasa bukan golongan nabi dan rasul namun namanya diabadikan Al-Quran dalam Surah Luqman.

Pembahasan

Adapun jawaban masing-masing pertanyaan pada soal adalah sebagai berikut:

Luqman Al-Hakim adalah putra dari Bau’ra bin Nahur bin Tareh. Nama Nahur Bin Tareh adalah nama ayah Nabi Ibrahim (Aazhar), oleh sebab itu Luqman disebutkan masih cicit dari Nabi Ibrahim dari jalur Nabi Ishaq as.

Dalam silsilah keturunanya, Luqman Al Hakim adalah keponakan dari nabi AYYUB as. Riwayat menyebutkan ia adalah anak dari saudara perempuan Nabi Ayyub as. Ayyub sendiri adalah cucu dari Nabi Ishaq.

Luqman Al-Hakim disebutkan berasal dari bangsa HABSYI dan asalnya dari kota bernama sudan. Riwayat menyebut ia tukang kayu dan adapula yang menyebut ia seorang hakim.

Karena kebijaksanannya maka Luqman Al-Hakim dijuluki dengan AL-HAKIM yang artinya AHLI HIKMAH. Hikmah sendiri artinya kebijaksanaan.

Usia Luqman Al-Hakim disebutkan 1000 tahun sehingga ia sempat hidup pada masa Nabi DAUD as. Riwayat menceritakan hal beragam mengenai ini, ada yang menyebut Luqman Al-Hakim membuatkan Nabi Daud as baju perang, ada yang meriwayatkan Luqman Al Hakim sebagai penasehat Nabi Daud dan lain sebagainya.