Inti Pada Pidato Berisi Tentang

Inti Pada Pidato Berisi Tentang–Pidato adalah penyampaian dan penanaman gagasan atau informasi dari pembaca kepada masyarakat luas. Pidato pada umumnya disampaikan secara lisan dalam acara resmi. Agar tersampaikan dengan baik dan jelas, bahan pidato harus disiapkan. Dalam buku Pidato Cerdas: Kiat Menjadi Orator Hebat (2020) karya Arif Yosodipurro, secara garis besar terdapat tiga pokok struktur pidato, yaitu sebagai berikut:

Pendahuluan Pendahuluan adalah rangkaian kalimat yang disampaikan oleh pembicara sebagai pengantar sebelum memasuki isi pidato. Lamanya pengantar tergantung pada orator yang akan menyampaikannya. Namun pembukaannya harus cukup, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.

Jika pendahuluan dibuat lama maka akan memakan waktu, sehingga intisari pidato tidak akan tersampaikan dengan maksimal. Pengantar pidato biasanya berisi: Salam

adalah salam yang diucapkan kepada audiens untuk memulai pidato. Bentuk sapaan bermacam-macam, misalnya selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan sebagainya.

Salam hormat kepada hadirin

Salam hormat diberikan kepada hadirin yang urutannya dimulai dari orang yang paling dihormati dari hadirin yang hadir. Seperti, acara pembukaan olahraga oleh pejabat atau orang penting.

Puji Syukur

Seusai salam, sambutan dilanjutkan dengan mengucap syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan kepada semua yang hadir.

Isi atau inti pidato

Dilansir dari situs resmi Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bagian isi pidato adalah pembahasan topik secara lengkap. Bagian ini memiliki peran penting dalam berpidato. Pada bagian ini terdapat kalimat ajakan atau bujukan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.

Penutup pidato

Penutup menjadi bagian akhir sebuah pisato. Untuk mengakhiri pidato disampaikan dengan membuat kesimpulan dari isi pidato yang disampaikan. Biasanya untuk mengakhiri pidato bisa menggunakan:  Pantun Membaca shalawat Yel-yel atau slogan Ucapan terima kasih

Inti pada pidato berisi tentang kalimat bujukan atau ajakan untuk dapat mengajak para pendengar untuk melakukan sebuah kegiatan yang telah diharapkan.

Pembahasan

Pidato adalah internalisasi dan penyampaian informasi atau gagasan dari pembaca kepada masyarakat luas. Pidato biasanya disampaikan secara lisan pada acara-acara resmi.

Agar dapat menyampaikan pidato dengan jelas dan benar, maka Anda harus dapat mempersiapkan bahan pidato sebelum memberikan pidato. Ada beberapa jenis struktur ujaran, yaitu:

  • Pendahuluan.
  • Inti atau isi pidato.
  • Penutup pidato.