Urutan Proses Pernapasan Yang Tepat

Urutan Proses Pernapasan Yang Tepat–Tugas sistem pernapasan adalah membantu orang menghirup oksigen dan membuang karbon dioksida. Selama proses pernapasan, saluran udara berfungsi sebagai lorong dan tempat pertukaran udara dalam tubuh manusia. Urutan saluran udara adalah sebagai berikut: rongga hidung – faring – laring – trakea – bronkus – bronkus – alveoli – paru-paru. Dirangkum dari buku Biologi karya Dr. Munawir, berikut organ-organ sistem pernapasan manusia beserta fungsinya.

Urutan proses masuknya udara dalam sistem pernapasan yang tepat adalah hidung, trakea, bronkus, bronkeolus, alveolusOrgan pernafasan tersebut merupakan penyusun sistem pernafasan. Pernafasan berfungsi untuk memasukkan dan mengeluarkan udara. Oksigen merupakan gas yang diperlukan untuk menghasilkan energi. Adapun karbondioksida merupakan gas hasil sisa metabolisme.

Urutan Proses Pernapasan Yang Tepat

Pembahasan

Pernafasan merupakan sistem organ yang terdapat beberapa bagian penyusun di dalamnya, antara lain adalah hidung, trakea, bronkus, bronkiolus, alveolus dan pleura.

Berikut ini urutan jalannya udara dalam sistem pernafasan:

1. Rongga hidung

Udara masuk ke dalam tubuh manusia melalui rongga hidung. Rongga hidung memiliki selaput lendir yang berfungsi untuk menangkap benda asing yang masuk melalui saluran pernapasan. Baca juga: Pernafasan pada ikan: proses dan organ yang terlibat Rongga hidung mengandung banyak struktur organisasi, yaitu kelenjar sebaceous, kelenjar keringat, rambut tebal pendek untuk menyaring partikel kotoran dan cangkang yang menghangatkan udara yang masuk.

2. Faring

tenggorokan adalah organ sistem pernapasan yang terletak di belakang rongga hidung dan mulut. Faring terdiri dari otot lurik dengan panjang sekitar 4 cm. Faring adalah titik pertemuan sistem pencernaan dan pernapasan.

3. Laring

Di laring atau di pangkal tenggorokan terdapat katup yang disebut epiglotis, yang mengatur keluarnya makanan dan udara yang dapat dihirup menurut saluran yang sesuai. Selain itu, di pangkal tenggorokan terdapat pita suara, yaitu organ manusia yang menghasilkan suara. Baca selengkapnya : 14 Penyakit yang mempengaruhi sistem pernapasan

4. Trakea

adalah organ sistem pernapasan berbentuk tabung dengan panjang sekitar 10 cm, terletak sebagian di leher dan sebagian lagi di dada. atau dada. Di dalam rongga terdapat epitel atau rete bersilia. Tugas jaring rambut di trakea ini adalah menyaring benda asing yang masuk ke saluran udara.

5. Bronkus

faring merupakan saluran penghubung antara rongga hidung, rongga mulut dan paru-paru. Bronkus terbagi menjadi dua bagian, yaitu bronkus kanan dan kiri. Cabang bronkus menjadi bronkiolus. Baca juga: Berikut manfaat tidur untuk sistem pernapasan

6. Alveoli

adalah struktur berbentuk bola paru atau gelembung yang dilapisi oleh pembuluh darah. Epitel datar yang melapisi alveoli memfasilitasi penangkapan oksigen dari udara di kapiler darah di rongga alveolar.

7. Paru-paru

terletak di rongga dada, tepat di atas septum diafragma. Organ ini terdiri dari dua bagian, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru ditutupi oleh dua lapisan pleura atau pleura. Di dalam paru-paru terdapat gelembung halus yang merupakan perpanjangan dari permukaan paru-paru yang disebut alveoli.