Mengapa Bagian Atas Dinamakan Penjelasan Umum

liputanberitaku.com–  Tahukah kamu, mengapa bagian atas teks dinamakan penjelasan umum? Untuk diketahui, sebuah teks memiliki bagian atas yang lazim disebut dengan “penjelasan umum”. Dalam suatu teks prosedur, terdapat bagian atas yang mengawali susunan sebuah teks. Jadi, bagian ini menjadi struktur pertama dalam sebuah teks prosedur. Bagi kamu yang sering membaca atau membuat contoh teks prosedur pasti tahu tentang bagian ini.

Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah mengapa bagian atas ini dinamakan penjelasan umum? Di situs brainly misalnya, pertanyaan ini sering kali diajukan oleh para siswa. Ada bermacam-macam jawaban yang muncul. Namun, kadang-kadang hanya berupa penjelasan singkat yang kurang memuaskan penanya.
Nah, pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap. Semoga setelah membaca uraian ini, kamu bisa mengetahui mengapa bagian tersebut dinamakan seperti itu. Yuk, berikut ini pembahasannya.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan jawaban terhadap beberapa pertanyaan terkait teks prosedur. Berikut kami akan mencoba menjawab pertanyana tersebut .

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa sehingga bagian atas dinamakan penjelasan umum. Alasan tersebut antara lain, sebagai berikut:
  1. Berisi tentang hal umum yang akan dijelaskan oleh penulis dalam teks.
  2. Menjelaskan suatu hal yang menjadi tujuan keseluruhan teks.
  3. Menjabarkan suatu hal secara umum (general) berupa tujuan inti.w

Jawaban

Bagian atas dinamakan penjelasan umum karena menyajikan informasi yang bersifat umum dan bertindak sebagai pengantar terhadap isi.

Penjelasan umum dalam sebuah teks ialah pengantar atau menjelaskan tujuan dari pembahasan hal tersebut, gambaran umum dapat ditemukan di teks prosedur yang berisikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.

Pada awal paragraf pada umumnya akan diberikan penjelasan umum di sertai langkah-langkah dan penegasan ulang dari petunjuk yang telah dipaparkan

Demikianlah penjelasan terkait soal tersebut. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.