Beriman Kepada Malaikat Allah

Beriman Kepada Malaikat Allah–Umat ​​Islam mengenal rukun iman yang terdiri dari enam pokok yang harus diyakini oleh seorang muslim. Salah satunya adalah iman kepada malaikat Allah SWT yang merupakan rukun iman kedua setelah iman kepada Allah SWT. Dalam ajaran Islam ada sepuluh nama malaikat yang wajib diketahui beserta tugasnya masing-masing. Membahas iman kepada malaikat, timbul pertanyaan, mengapa beriman kepada malaikat Allah dapat mendorong kita untuk mencintai amal? Inilah jawaban lengkap untuk pertanyaan ini.

Kepercayaan Malaikat dalam Islam

Alasan mengapa beriman dapat mendorong kita untuk gemar bersedekah adalah karena ketika kita beriman maka kita yakin dan yakin bahwa setiap amalan yang kita lakukan selama hidup di dunia ini akan diperhitungkan kelak di akhirat. Tidak ada satupun amalan yang luput dari pertanggungjawaban kita nantinya, karena setiap amalan yang kita lakukan selalu dicatat oleh malaikat Raqib dan Atid.

Malaikat Raqib sendiri merupakan malaikat yang bertugas mencatat segala amal baik yang dilakukan oleh umat manusia selama hidup di bumi. Sementara itu, malaikat Atid adalah malaikat yang tugasnya mencatat semua perbuatan buruk yang dilakukan manusia selama hidup di dunia.

Maka dengan beriman kepada malaikat kita paham betul bahwa apa yang dilakukan di dunia akan dipertanggung jawabkan, sehingga membuat kita gemar bersedekah kepada orang lain.

Mendorong Kita Gemar Bersedekah

Pembahasan

Mereka yang beriman kepada Allah SWT berarti meyakini dalam hati, lisan dan perbuatan mengenai keberadaan malaikat beserta tugas dan sifat-sifatnya. Salah satu sifat malaikat adalah senantiasa mendoakan mereka yang bersedekah ikhlas karena Allah SWT semata.

Dengan mengimani malaikat dan sifat-sifatnya maka seseorang akan termotivasi untuk menjadi pribadi yang gemar bersedekah, berbuat baik pada sesama, melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah, menjalin silaturahmi dan lain sebagainya.