Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Sifat Fisika Suatu Zat Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Sifat Fisika Suatu Zat Adalah–Sifat fisik dapat diamati dari ciri-ciri sifat fisik. Mengutip sumber belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut penjelasan tentang pengertian sifat fisika dan ciri sifat fisika:

Sifat fisika perubahan yang dialami suatu benda tanpa terbentuknya materi baru .

Sifat fisika antara lain:

  • Wujud zat
  • Warna zat
  • Kelarutan
  • Daya hantar listrik
  • Kemagnetan
  • Titik didih dan titik lebur

Wujud zat Zat dapat memiliki tiga macam wujud, yaitu padat, cair dan gas. Susunan partikel zat padat, cair, dan gas berbeda satu dengan yang lain. Perbedaan zat padat, cair, dan gas adalah:

  • Zat padat: memiliki partikel-partikel yang menempati posisi tetap, gaya tarik-menarik kuat, dan gerak partikel hanya berupa getaran.
  • Zat cair: memiliki jarak antarpartikel tetap dan agak berjauhan, gaya tarik menarik antarpartikel lemah, gerak partikel lebih lincah dan partikel dapat berpindah tempat.
  • Gas: memiliki jarak partikel berubah-berubah, hampir tidak ada gaya tarik menarik, gerakan partikel sangat bebas.

Perubahan keadaan materi disebabkan oleh materi yang menyerap atau melepaskan kalor. Contoh perubahan wujud suatu zat akibat penyerapan kalor adalah proses peleburan, yaitu proses perubahan wujud zat dari wujud padat menjadi wujud cair. Ada banyak proses perubahan bentuk, yaitu peleburan, kondensasi, penguapan, sublimasi, dan pembekuan.

Pembahasan

Terkait soal berikut ini yang bukan merupakan sifat fisika suatu zat adalah… Sifat fisika suatu zat berkaitan dengan penampilan atau keadaan fisis zat tersebut. Kerapatan, kekerasan, dan elastisitas pada pilihan jawaban termasuk ke dalam sifat fisika karena ketika dilihat atau disentuh dengan indra, kita dapat merasakannya secara langsung. Contohnya adalah besi yang kerapatan dan kekerasannya pasti lebih tinggi dari gabus,

Lalu karet gelang yang bisa kita rasakan elastisitasnya. Sehingga jawaban yang bukan merupakan sifat fisika suatu zat adalah kestabilankarena tidak dapat diketahui secara langsung dengan indra manusia, tapi harus dilakukan serangkaian tes terlebih dahulu. Contohnya kestabilan pada perahu yang baru terlihat ketika diletakkan di atas air. Contoh lain sifat fisika suatu zat adalah wujudnya (padat, cair, gas), warna, kelarutan, dan daya hantar listrik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.