Untuk Membatasi Jumlah Barang Yang Diimpor Dapat Dilakukan Dengan Cara

Untuk Membatasi Jumlah Barang Yang Diimpor Dapat Dilakukan Dengan Cara

Dalam kegiatan impor maupun ekspor, tentunya ada beberapa kebijakan yang sudah ditetapkan dan perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis impor. Salah satu kebijakan tersebut adalah kuota impor. Singkatnya, kuota impor adalah pembatasan jumlah produk yang diimpor dari luar negeri ke dalam negeri. Hal ini tentunya berlaku untuk semua barang yang diimpor ke Indonesia. Kira-kira, mengapa ya kebijakan kuota impor diperlukan dalam kegiatan impor?

Kuota impor adalah kebijakan impor yang membatasi jumlah suatu produk yang akan diimpor dalam jangka waktu tertentu. Pemerintah memberlakukannya untuk melindungi industri dalam negeri yang rentan terhadap tekanan dari produk impor. Kuota impor juga mencegah pasar domestik suatu negara dibanjiri produk luar negeri yang seringkali lebih murah karena biaya produksi di luar negeri yang lebih rendah.

Pembahasan

Untuk membatasi jumlah barang yang diimpor dapat dilakukan dengan cara mengeluarkan kebijakan impor untuk melindungi produsen dalam negeri sebagai berikut.

  • Penetapan tarif dengan bea masuk atas barang-barang dari luar negeri.
  • Pemberlakuan kuota impor untuk jumlah barang yang masuk dari luar negeri supaya barang di pasar lebih sedikit jumlahnya.
  • Larangan impor untuk melarang produk asing tertentu masuk ke negara tersebut.
  • Pemberian subsidi untuk UMKM dan pelaku usaha lainnya agar harga barang dalam negeri lebih stabil dan bisa bersaig di pasar.

Dengan demikian kebijakan menaikkan bea masuk untuk produk luar negeri dapat menekan jumlah barang impor lebih sedikit dari sebelum ada kebijakan ini.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.