Aspek Utama Yang Dipelajari Oleh Sosiologi Adalah Interaksi Antara

Aspek Utama Yang Dipelajari Oleh Sosiologi Adalah Interaksi Antara– Sosiologi adalah ilmu yang pelajari tentang sosial. Arti kata sosial itu sendiri adalah interaksi antar manusia dengan manusia yang lain atau dengan kelompok. Dengan demikian, aspek utama dalam sosiologi adalah manusia dengan manusia atau kelompok.

Secara umum menurut American Sociological Association, objek kajian sosiologi adalah berfokus pada struktur kelompok sosial, organisasi dan masyarakat dan bagaimana orang berinteraksi dalam struktur ini.
Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesi (KBBI), pengertian dari objek adalah sesuatu yang menjadi sasaran/pokok pembicaraan, sedangkan kajian adalah pembahasan mengenai sesuatu yang diselidiki.

Sementara, sosiologi itu pada dasarnya mempelajari hubungan perilaku manusia dalam masyarakat.

Dengan demikian, objek kajian sosiologi adalah kehidupan manusia, proses interaksi manusia di dalam masyarakat, dan produk dari interaksi sosial manusia di dalam masyarakat.

Melansir e-Modul Kemdikbud Sosiologi Paket C Setara SMA/MA oleh Budi Rahayu, ruang lingkup kajian ilmu sosiologi lebih luas dari ilmu sosial lainnya, karena mencakup seluruh aspek interaksi sosial yang berlangsung di lingkungan masyarakat.

Untuk itu, hal-hal yang menjadi kajian sosiologi adalah:
1. Hubungan timbal balik antar manusia dengan manusia lainnya.
2. Hubungan antar individu dengan kelompok.
3. Hubungan kelompok satu dengan kelompok yang lainya.
4. Macam-macam sifat dari kelompok-kelompok sosial.

Nah, untuk lebih memahami tentang objek kajian sosiologi simak penjelasan lengkapnya di bawah

Pembahasan

Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara? Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah A.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut :

Poin tersebut berkaitan dengan objek studi ilmu sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang pelajari tentang sosial. Arti kata sosial itu sendiri adalah interaksi antar manusia dengan manusia yang lain atau dengan kelompok. Dengan demikian, aspek utama dalam sosiologi adalah manusia dengan manusia atau kelompok.

Dengan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah A.