Agama Islam Mudah Diterima Oleh Rakyat Indonesia Sebab

Agama Islam Mudah Diterima Oleh Rakyat Indonesia Sebab– Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Hal ini tidak terlepas pada sejarah berkembangnya agama Islam di Indonesia. Meskipun bukan menjadi agama yang pertama masuk ke tanah Nusantara, namun agama Islam menjadi agama yang paling cepat perkembangannya. Salah satu alasan agama Islam mudah diterima oleh masyarakat Indonesia sebab mudahnya masuk agama Islam dan tidak ada paksaan bagi para pemeluknya. Untuk mengetahui secara lengkap tentang sejarah agama Islam di Indonesia, simak informasinya di bawah ini.

Pembahasan

Agama islam mudah diterima oleh rakyat indonesia sebab berlangsung damai. Oleh karena itu, Islam diterima dengan baik oleh masyarakat, baik di kalangan raja, bangsawan maupun rakyat jelata. Hal ini didukung oleh faktor-faktor berikut:

  1. Syarat masuk Islam sangat sederhana, hanya dengan mengucapkan kalimat syahadat
  2. Tata cara ibadah Islam itu sederhana, tidak perlu persiapan yang rumit
  3. Islam tidak mengenal stratifikasi sosial seperti Hindu dengan sistem kastanya. Tak heran jika masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat kelas bawah, dengan mudah menerima agama ini secara ekonomi dan sosial

Penyebaran Islam secara damai juga tercermin dari cara penyebarannya yaitu melalui perdagangan, perkawinan, pendidikan, ajaran tasawuf, dakwah dan kesenian. Pedagang, mubaligh, wali, ahli tasawuf, ustadz dan haji berperan penting dalam proses ini.

Dengan terbukanya masyarakat Indonesia dengan budaya asing dengan ditambah mudahnya masuk dalam agama Islam, membuat agama yang satu ini sangat mudah diterima masyarakat. Di samping itu, agama Islam cenderung sederhana dalam pelaksanaannya membuat masyarakat Indonesia tidak terbebani dengan beribadah dan kegiatan dalam agama Islam.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang benar adalah B.