Salah Satu Metode Yang Dapat Digunakan Dalam Debat Adalah Metode

Salah Satu Metode Yang Dapat Digunakan Dalam Debat Adalah Metode– Salah satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode logika. Selain metode logika atau logic, terdapat dua metode debat lainnya. Yaitu metode role playing dan metode problem solving. Keduanya memiliki penjelasan berbeda.

Debat merupakan salah satu kegiatan beradu argumen yang memiliki tujuan untuk menyampaikan pendapat. Orang yang berdebat adalah orang dengan pendapat berbeda dan mereka memiliki alasan atas pendapat tersebut.

Saat beradu argumen, kamu harus mengeluarkan pendapat yang berkualitas. Artinya adalah pendapat tersebut harus faktual, terbukti, dan dapat dipahami dengan pola pikir yang logis.

Oleh sebab itu, pada salah satu metode untuk berdebat adalah metode logika. Metode ini mengharuskan kamu untuk berfikir masuk akal dan logis, sehingga menghasilkan kesimpulan berupa data dan fakta.

Sedangkan untuk pilihan menjatuhkan lawan, mengkritik secara subjektif, dan terpatahkan bukan metode dalam debat. Justru ketiganya harus dihindari dalam segala bentuk perdebatan agar tidak menimbulkan kekacauan.

Pembahasan

Debat bertujuan untuk menyampaikan dan mempertahankan argumen. Argumen yang berkualitas adalah argumen disampaikan berdasarkan fakta, bukti, dan pola pikir yang logis atau masuk akal. Karena itu metode yang tepat digunakan di dalam debat adalah metode logika, yang artinya metode yang menggunakan cara berfikir secara benar atau masuk akal baik yang menghasilkan kesimpulan yang benar melalui sebuah data dan fakta.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.