Larutan Yang Mempunyai pH Lebih Besar Dari 7 Adalah

Larutan Yang Mempunyai pH Lebih Besar Dari 7 Adalah

Dalam ilmu kimia terdapat 2 pembagian larutan berdasarkan daya hantarnya terhadap arus listrik, yaitu larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik.Ketika di bangku sekolah tentunya kita mengenal materi tentang pH larutan. pH larutan yang dimaksud berhubungan dengan larutan asam maupun larutan basa. Pengertian pH secara harfiah adalah salah satu pangkat ion yang berasal dari hidrogen sehingga namanya merupakan singkatan dari Power of Hydrogen. Pertama kali Sorensen (1868-1939) mengusulkan kata ini agar tidak menggunakan angka yang sangat kecil.

pH tersebut secara istilah dapat diartikan sebagai kebasaan atau derajat keasaman sebuah larutan sehinga dapat digunakan untuk menyatakan logaritma negatif ion H menggunakan bilangan pokok 10. Jika jumlah pH nya tujuh, basa lebih besar dibandingkan tujuh, dan asamnya lebih kecil dibandingkan tujuh maka dapat dinyatakan sebagai larutan netral. pH yang terdapat dalam perairan yang tidak tercemar biasanya dapat dikontrol dengan ion CO2. Lalu larutan yang mempunyai ph lebih besar dari 7 adalah apa?

Pembahasan

Larutan yang mempunyai pH lebih besar dari 7 adalah larutan basa. Gula dan garam dapur bukan merupakan larutan asam maupun basa, biasanya bersifat netral (pH sekitar 7). Asam nitrat dan asam klorida merupakan larutan dengan pH kecil dari 7 (asam). Sedangkan amonia merupakan basa sehingga pH-nya besar dari 7.space

Jadi, jawaban yang benar adalah C.