Pengulangan Menurut Konsep Waktu Dalam Sejarah Adalah

Pengulangan Menurut Konsep Waktu Dalam Sejarah Adalah

 

Dalam sejarah, konsep waktu tentu saja menjadi hal penting sebab seolah menyiratkan kapan peristiwa sejarah tersebut berlangsung. Tidak hanya itu saja, keberadaan dari konsep waktu ini juga dapat digunakan oleh para sejarawan maupun khalayak umum untuk mengetahui bagaimana perkembangan peristiwa sejarah yang berkaitan hingga saat ini. Mengingat bahwa peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu itu memang tidak boleh dilupakan begitu saja, melainkan harus dijadikan sebagai pembelajaran bagi manusia di masa berikutnya.

Definisi sejarah memang akan selalu tentang hal-hal yang terjadi di masyarakat pada masa lalu yang bahkan mampu mengubah kondisi kehidupan sebagian manusia di masa depan. Lalu sebenarnya, apa saja sih konsep waktu yang ada dalam suatu sejarah? Apa saja konsep waktu tersebut? Apakah terdapat keterkaitan antara waktu dengan pembabakan dalam sejarah? Bagaimana pula ruang lingkup dalam sejarah?

Pembahasan

Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah apabila peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau terjadi lagi pada masa berikutnya. Dalam hal pengulangan, sejarah mengkaji peristiwa-peristiwa masa lampau yang terjadi pada masa sekarang. Disini yang berulang fenomenanya.

Oleh sebab itu, dapat diartikan bahwa fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Peristiwanya tidak berulang, tetapi fenomenanya yang berulang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.