Jagung Berkembang Biak Dengan Cara

Jagung Berkembang Biak Dengan Cara–Jagung merupakan tanaman yang digunakan sebagai makanan di berbagai tempat. Misalnya penduduk pulau Madura menggunakan jagung sebagai makanan pokok. Faktanya, jagung merupakan sumber karbohidrat yang bisa dimakan sebagai pengganti nasi. Ya, jagung merupakan salah satu penghasil karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bagaimana jagung bereproduksi? Seorang petani jagung memulai pemuliaan tanamannya dengan menanam benih jagung. Setelah tiga atau empat hari, kuncup akan muncul di tanah. Ya, tanaman jagung masih tumbuh. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih dalam tentang proses pemuliaan tanaman jagung.

Seorang petani jagung memulai proses menanam jagung dengan terlebih dahulu menanam benihnya. Setelah tiga atau empat hari, tunas muncul di tanah. Ya, tanaman jagung masih tumbuh. Buah jagung yang berbentuk tongkol awalnya adalah bunga jagung. Bagaimana jagung bereproduksi?

Dikutip dari buku Christiana Umi Smart Arif untuk kelas 6 SD (2020: 7) bunga jagung memiliki bulu-bulu halus di ujungnya. Benang sari ditemukan pada filamen ini. Saat angin bertiup, benang sari tertiup angin. Sebagian jatuh pada putik di bagian bawah bunga. Ketika benang sari jatuh pada putik, pembuahan terjadi.

Bunga jagung kemudian terus tumbuh menjadi jagung. Perkembangan tersebut dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung siap dipanen saat bulunya sudah berwarna coklat dan tongkolnya sudah kering. Saat dikupas, jagung memperlihatkan biji jagung yang berwarna kekuningan. Orang makan bagian ini.

Untuk memastikan jagung selalu tersedia sebagai makanan manusia, petani jagung harus menanam kembali sebagian tanaman mereka. Biji jagung tua ditanam kembali. Budidaya jagung dimulai lagi dari proses ini. Apakah ini penjelasan tentang bagaimana jagung bereproduksi dalam biologi? Semoga informasi di atas bermanfaat!

Pembahasan

 Jagung berkembang biak dengan cara berbiji, oleh karena itu ia termasuk ke dalam tumbuhan berbiji atau spermatophyta. Spermatophyta merupakan tumbuhan berpembuluh, berproduksi generatif dengan biji, dan di dalam biji terdapat calon individu dan cadangan makanan. Biji merupakan alat untuk melestarikan keturunan tumbuhan yang bersangkutan. Biasanya biji dihasilkan oleh tumbuhan yang berbunga. Spermatophyta dibagi lagi menjadi gymnospermae (biji terbuka) atau angiospermaie (biji tertutup). Jagung termasuk ke dalam kelompok angiospermae.space

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.