Daur Hidup Fasciola Hepatica

Daur Hidup Fasciola Hepatica– Tahukah kamu tentang penyakit Fasciolosis? Penyakit fasciolosis adalah penyakit kerusakan hati dan organ pencernaan yang terjadi karena infeksi cacing Fasciola Hepatica atau yang lebih dikenal dengan nama cacing hati.

Sanei Taheri M dan kawan-kawan dalam buku Hepatobiliary Fascioliasis: Clinical and Radiological Features (2007) menyebutkan bahwa lebih dari tiga juta orang di seluruh dunia terinfeksi cacing hati dari air dan sayuran mentah.

Fasciola Hepatica atau cacing hati adalah parasit dari filum Platyhelminthes yaitu kelompok hewan yang tergolong dalam cacing pipih.

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah B.

Fasciola hepatica merupakan anggota Trematoda dari filum Platyhelminthes yang dikenal sebagai cacing hati. Daur hidup Fasciola hepatica yaitu :

  1. Telur keluar bersama dengan feses hewan ternak (sapi atau domba) jatuh di tempat yang basah akan menetas menjadi larva bersilia yang disebut mirasidium.
  2. Mirasidium akan masuk ke dalam tubuh siput Lymnea dan tumbuh menjadi sporokista.
  3. Sporokista secara partenogenesis akan berkembang menjadi redia
  4. Redia secara partenogenesis akan membentuk serkaria.
  5. Serkaria akan meninggalkan tubuh siput, menempel pada rumput dan berubah menjadi metaserkaria.
  6. Metaserkaria di daun tumbuhan dapat termakan oleh hewan ternak atau manusia dan berkembang menjadi cacing muda. Cacing muda selanjutnya bermigrasi ke ke organ hati inang yang baru untuk memulai daur hidupnya.

Jika dibuat urutan sebagai berikut: telur – mirasidium – sporokista – redia – serkaria – metaserkaria – cacing muda – cacing dewasa.space