Sebuah Benda Dikatakan Netral Jika

Sebuah Benda Dikatakan Netral Jika– Pada jaman sekarang, listrik sangat diperlukan dalam kebutuhan sehari-hari manusia. Namun, dengan begitu, ternyata sebagian dari pengguna listrik belum mengetahui apa pengertian listrik secara umum yang sebenarnya.

Untuk pengertian listrik secara umum listrik adalah aliran elektron-elektron dari atom ke atom pada sebuah penghantar atau suatu energi yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia sehari-harinya. Energi listrik ini digunakan dan dimanfaatkan untuk menggerakkan berbagai alat elektronik yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Secara umum atau dalam kamus bahasa Indonesia, Listrik dapat diartikan sebagai suatu daya yang muncul akibat terjadinya suatu gesekan atau dikarenakan sebab lain dari suatu proses kimia.

Listrik tersebut terbagi menjadi 2, yaitu listrik statis dan listrik dinamis.

Benda yang tidak bermuatan listrik disebut benda netral. Benda dikatakan netral jika jumlah partikel bermuatan negatif sama dengan jumlah partikel bermuatan positif. Pada benda netral, jumlah elektron (muatan negatif) dan jumlah proton (muatan positif) sama.
Muatan listrik adalah muatan dasar partikel penyusun atom, kecuali neutron. Karakteristik dasar muatan hanya dimiliki oleh proton dan elektron. Muatan listrik hanya dibedakan menjadi muatan positif dan negatif dan muatan netral, yang terdiri dari kombinasi muatan positif dan negatif dalam jumlah yang sama.
Selain itu, muatan hanya ditemukan dalam sistem tertutup yang tidak identik dengan massa dan tidak dapat diamati secara empiris. Keadaan muatan dasar selalu memiliki kuantisasi sebagai kelipatan bilangan bulat 1,602 × 10-19 C atau 4,77 × 10-10 satuan elektrostatis. Interaksi antara muatan listrik terjadi ketika benda bermuatan didekatkan satu sama lain. Gaya tolak-menolak bekerja pada benda bermuatan, sedangkan gaya tarik-menarik bekerja pada benda dengan muatan berbeda. Konsep muatan listrik digunakan sebagai prinsip dasar untuk menjelaskan fenomena kelistrikan.

Pembahasan

Sebuah benda dikatakan netral jika benda tersebut tidak bermuatan listrik. Benda dikatakan netral jika jumlah partikel bermuatan negatif sama dengan jumlah partikel bermuatan positif. Pada benda netral, jumlah elektron (muatan negatif) dan jumlah proton (muatan positif) sama.

space