Sekumpulan Sel Yang Memiliki Bentuk dan Fungsi Yang Sama Disebut

Sekumpulan Sel Yang Memiliki Bentuk dan Fungsi Yang Sama Disebut– Sel pada suatu organisme memiliki ukuran yang bervariasi. Ukuran sel tersebut mencerminkan fungsi dari sel. Lalu, mungkin banyak siswa yang sering melihat pertanyaan tentang sel yang memiliki fungsi dan bentuk yang sama? Sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama disebut jaringan. Jaringan terdapat pada manusia dan hewan. Namun, ternyata jaringan juga dapat ditemui pada tumbuhan. Lalu apa saja fungsi jaringan pada tumbuhan? Simak ulasan lengkapnya dalam rtikel berikut ini.

Sel-sel dalam tubuh memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ukuran sel mencerminkan fungsi seluler. Kemudian lagi, mungkin banyak siswa yang sering melihat soal sel dengan fungsi dan bentuk yang sama? Sekelompok sel dengan bentuk dan fungsi yang sama disebut jaringan. Jaringan ada pada manusia dan hewan. Namun, ternyata jaring juga bisa ditemukan pada tumbuhan. Lalu apa fungsi jaringan pada tumbuhan? Simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Ciri-ciri yang terdapat pada jaringan meristem adalah terdiri atas beberapa sel yang aktif membelah, berukuran kecil, sel-sel yang berusia muda, tidak memiliki fungsi khusus, tidak ditemukan ruang antara sel, tidak mengandung zat, dan memiliki bentuk serta ukuran yang sama.

Jaringan Epidermis

Epidermis merupakan jaringan yang terletak di bagian paling luar pada organ tumbuhan. Fungsi dari jaringan epidermis adalah melindungi bagian dalam organ dari kerusakan mekanik, perubahan suhu, hilangnya zat makanan, dan juga hilangnya air karena penguapan.

Jaringan Parenkim

Parenkim adalah jaringan dasar pada tumbuhan. Jaringan parenkim dapat ditemukan di setiap bagian tumbuhan seperti batang, akar, endosperm, dan juga daging buah. Ciri-ciri jaringan ini adalah memiliki banyak vakuola, merupakan sel hidup berukuran besar dan tipis, dan bersifat merismatik. Fungsi jaringan ini berbeda pada setiap tumbuhan. Pada eceng gondok, fungsi jaringan parenkim adalah menyimpan udara. Sementara pada umbi-umbian fungsinya adalah menyimpan cadangan makanan.

Jaringan Penyokong

Jaringan penyokong memiliki fungsi untuk menegakkan daun dan batang, melindungi vaskuler, dan melindungi biji pada tumbuhan. Terdapat dua jenis jaringan penyokong yaitu kolenkim dan sklerenkim.

Pembahasan

Jaringan hanya dimiliki oleh organisme multisel. Tubuh hewan dan tumbuhan terdiri dari banyak jaringan yang bekerja sama. Misalnya jaringan otot pada hewan dan jaringan epidermis pada tumbuhan.