Syarif Hidayatullah Adalah Wali Songo Yang Menyebarkan Agama Islam Di

Syarif Hidayatullah Adalah Wali Songo Yang Menyebarkan Agama Islam Di

Sejarah mencatat peran Wali Songo yang terdiri dari sembilan tokoh dalam menyebarkan ajaran agama Islam di Pulau Jawa. Wali Songo yang berarti sembilan wakil ini menyebarkan ajaran Islam di daerah masing-masing dengan mendekatkan diri kepada masyarakat melalui strategi budaya, pernikahan, maupun pendidikan.

Setiap wali dipanggil dengan sebutan sunan, yang berasal kata susuhunan yaitu sebutan bagi orang yang dihormati. Simak pembahasannya.

Pembahasan

Walisanga adalah tokoh wali pembawa Islam di tanah Jawa. Salah satunya syarif hidayatullah adalah wali songo yang menyebarkan agama islam di daerah Banten, Jawa Barat. Ia menggunakan pendekatan sosial budaya untuk mengislamkan masyarakat. Salah satu media dakwah yang ia gunakan adalah gamelan sekaten. Sekaten diduga berasal dari kata “syahadatain” (dua kalimat syahadat) sebagai syarat bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pertunjukan gamelan sekaten.

Selain sebagai ulama, ia juga menjadi raja Kerajaan Cirebon, Jawa Barat yang diberikan oleh Pangeran Cakrabuwana (Raja Cirebon pertama sekaligus pamannya). Ia mendapat gelar Tumenggung Syarif Hidayatullah bin Maulana Sultan Muhammad Syarif Abdullah. Sejak masa pemerintahannya Cirebon berada pada masa keemasan dengan wilayah kekuasaan meliputi seluruh Jawa Barat, Jakarta, dan Banten.

Dengan demikian, Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati merupakan salah satu walisongo yang menyebarkan Islam di wilayah Jawa Barat yaitu Banten.