Perkembangbiakan Generatif Pada Paramecium

Perkembangbiakan Generatif Pada Paramecium–Paramecium adalah salah satu organisme atau makhluk hidup yang ada di Bumi. Tidak seperti organisme lain, paramecia berukuran kecil atau biasa disebut mikroorganisme. Materi terkait paramecium biasanya diajarkan di sekolah menengah. Materi yang berkaitan dengan paramecium cukup sulit karena siswa harus mempelajari sifat, ciri dan cara perkembangbiakan paramecium. Reproduksi generatif pada paramecium terjadi dengan konjugasi. Simak ulasan paramecium pada artikel berikut ini.

Mengutip Wijaya Biologi SMP/MTs Kelas VII (KTSP) (KTSP) (2008: 93), paramecium adalah organisme yang struktur tubuhnya hanya terdiri dari satu sel, dan sel tersebut sudah menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Selain paramecium, tingkat organisasi seluler ini juga ditemukan di beberapa euglena, protozoa, dan alga. Habitat alami Paramecium adalah di air tawar.

Paramecium dapat bergerak dengan menggetarkan silia. Sedangkan untuk mendapatkan makanan, paramecium menggetarkan silianya dan air mengalir keluar masuk melalui mulut sel. Ciri-ciri paramecium adalah:

  • Memiliki dinding sel
  • Ukuran tubuhnya antara 120-300 mikron
  • Ini memiliki dua inti, mikronukleus dan makronukleus
  • Ini memiliki vakuola kontraktil dan non-kontraktil
  • Gerakan melalui bulu mata
  • Perbanyakan dalam konjugasi dan dalam bentuk vegetatif atau divisif
  • Reproduksi paramecium

Paramecium mereproduksi dalam dua cara: konjugasi dan vegetatif atau aseksual atau fisi. Selama reproduksi aseksual, paramecium membelah dengan pembelahan. Sedangkan konsep konjugasi adalah pemindahan materi genetik dari satu organisme ke organisme lain.

Proses konjugasi dimulai dengan pembentukan balok bergerak untuk mendekatkan kedua organisme. Organisme atau sel yang berdekatan membengkak. Ketika kedua ujung tonjolan bertemu, saluran konjugasi terbentuk. Protoplasma mengalir dari sel ke sel melalui saluran konjugasi. Kedua plasma menyatu untuk membentuk plasmogami. Pada organisme protozoa, seperti paramecium, terjadi proses transfer mikrolunar dua arah.

Perkembangbiakan Generatif Pada Paramecium

Pembahasan

Perkembangbiakan generatif pada paramecium dilakukan dengan cara vegetatif dan generatif. Secara vegetatif, Paramecium bereproduksi dengan pembelahan biner, sedangkan secara generatif dengan konjugasi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.