Salah Satu Ciri Khas Yang Membedakan Ganggang Dengan Jamur Adalah

Salah Satu Ciri Khas Yang Membedakan Ganggang Dengan Jamur Adalah– Ganggang merupakan tumbuhan talus karena belum memiliki akar, batang dan daun sejati. Ganggang atau alga kemudian dapat dibedakan lagi menjadi tujuh kelompok diantaranya cyanophyta, cholrophyta, euglenophyta, pyrrophyta, crysophyta, phaeophyta, dan rhodophyta. Sedangkan Jamur adalah organisme kecil, umunya mikroskopis, eukariotik, berupa filament (bening), bercabang, menghasilkan spora, tidak mempunyai klorofil, dan mempunyai dinding sel yang mengandung kitin, selulosa atau keduannya.

Ganggang dan jamur adalah salah satu makhluk hidup yang ada di Bumi. Alga dan jamur terdapat pada organisme eukariotik dimana kedua organisme tersebut memiliki membran pada organelnya. Ganggang dan jamur juga termasuk dalam kelompok Thallophyta. Thallophyta adalah tanaman atau tanaman yang tidak berbeda satu sama lain. Intinya alga dan jamur tidak terlihat letak batang, daun dan akarnya.
Salah satu ciri yang membedakan ganggang dengan jamur adalah ada tidaknya klorofil. Selain ada tidaknya klorofil, ternyata masih banyak perbedaan antara alga dan jamur. Apa perbedaan antara ganggang dan jamur? Simak ulasannya pada artikel di bawah ini, ya!
Inilah perbedaan antara ganggang dan jamur lainnya.
Habitat
Alga juga biasa disebut dengan ganggang. Organisme ini biasanya diklasifikasikan sebagai tanaman air. Umumnya ganggang hidup dengan baik di danau, laut, kolam, rawa atau sungai. Sedangkan jamur biasanya hidup menempel di kayu pohon, di permukaan tanah atau di organisme mati.
Cara mendapatkan makanan
Alga memperoleh makanannya melalui autotrof, atau fotosintesis.Mengutip buku Kimball Plant Physiology (2002:179), fotosintesis hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang memiliki klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai pengikat tenaga surya. Sedangkan jamur merupakan tumbuhan heterotope yang mendapatkan makanannya dari lingkungan. Ini dapat dilakukan dengan mengikat, menyerap nutrisi dari inang, atau dengan melepaskan enzim pencernaan.

Salah Satu Ciri Khas Yang Membedakan Ganggang Dengan Jamur Adalah

Pembahasan

Ganggang atau alga termasuk ke dalam Protista mirip tumbuhan, karena ganggang memiliki kloroplas (klorofil) yang dapat digunakan untuk fotosintesis dan termasuk organisme autotrof. Jamur atau fungi merupakan organisme yang tidak memiliki kloroplas (klorofil), sehingga jamur tidak dapat melakukan fotosintesis. Dengan demikian, salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dengan jamur adalah ganggang memiliki kloroplas dan jamur tidak memiliki kloroplas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.