Menyebabkan Terjadinya Keterkaitan Antar Ruang

Menyebabkan Terjadinya Keterkaitan Antar Ruang–Ruang bisa diartikan dengan banyak hal. Salah satunya adalah ruang sebagai tempat hidup makhluk hidup yang ada di bumi. Artinya, ruang merupakan seluruh permukaan bumi yang menjadi tempat bagi makhluk hidup tinggal. Sedangkan untuk interaksi antar ruang sendiri adalah sebuah cara untuk mengelola ruang yang ada pada permukaan bumi atas dasar potensi ruang tersebut. Namun, apa yang menyebabkan terjadinya keterkaitan antar ruang? Yuk, simak jawaban selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

penyebab atau penyebab terjadinya koneksi antar ruang yang dapat anda ketahui adalah sebagai berikut.

1. Perbedaan karakteristik
Perbedaan sumber daya alam antar ruang dapat mempengaruhi interaksi atau interaksi antar ruang. Hal ini karena penduduk daerah yang kekurangan sumber daya alam tertentu bersentuhan dengan daerah lain yang memang memiliki sumber daya alam tersebut. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dana yang diperlukan.

2. Hakikat manusia sebagai makhluk sosial
Manusia sebagai makhluk sosial disini berarti manusia memiliki kebutuhan, keterampilan dan kebiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lainnya. Properti inilah yang membuat orang yang tinggal di satu area ruang berinteraksi dengan orang yang tinggal di ruang lain.

3. Manusia Tidak Dapat Memenuhi Semua Kebutuhannya

Perbedaan sumber daya yang berbanding terbalik dengan kebutuhan manusia yang semakin kompleks, maka manusia membutuhkan orang di wilayah ruang lainnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Demikian penjelasan tentang alasan terjadinya keterkaitan antar ruang yang bisa dipahami.

Pembahasan

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Keterkaitan Antar Ruang– Menurut Bintarto (1987) Interaksi Antarruang adalah suatu proses yang sifatnya timbal balik dan mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku, baik melalui kontak langsung atau tidak langsung. Setiap ruang di permukaan bumi memiliki ciri khas tertentu yang berbeda antara suatu wilayah dan wilayah lainnya. Tidak ada satu lokasi pun yang karakteristiknya sama persis antara satu dan lainnya. Perbedaan karakteristik ruang tersebut menyebabkan adanya interaksi antarsatu ruang dengan lainnya, karena setiap ruang membutuhkan ruang lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka apa yang menyebabkan terjadinya keterkaitan antar ruang adalah memiliki ciri khas yang berbeda-beda antara suatu ruang dengan ruang lainnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.