Pada Benda Yang Bermuatan Listrik Negatif Keadaannya Adalah

Pada Benda Yang Bermuatan Listrik Negatif Keadaannya Adalah– Ketika belajar Fisika kelas 9, salah satu materi yang ajarkan adalah listrik statis. Listrik statis yang terkandung dalam sebuah benda terdiri dari tiga macam unsur, yakni proton, elektron, dan neutron. Meskipun dikatakan listrik statis, kenyataannya unsur-unsurnya bisa bergerak. Misalnya saja pada benda yang bermuatan listrik keadaannya adalah memiliki elektron yang lebih banyak dibandingkan proto. Kenapa bisa terjadi hal demikian?

Dikutip dari buku Mengenal Fisika Listrik dan Magnet karya Bayu Sapta Hari (2019:1), listrik statis (electrostatic) membahas muatan listrik yang berada dalam keadaan diam (statis). Listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik pada sebuah benda.
Berdasarkan konsep muatan listrik, terdapat dua macam muatan listrik, yaitu muatan positif dan muatan negatif. Muatan listrik timbul karena adanya elektron yang dapat berpindah dari satu benda ke benda yang lain. Benda yang kekurangan elektron dikatakan bermuatan positif. Sedangkan benda yang kelebihan elektron dikatakan bermuatan negatif. Elektron merupakan muatan dasar yang menentukan sifat listrik suatu benda.
Dua buah benda yang memiliki muatan sejenis maka akan saling tolak menolak. Sedangkan jika dua buah benda memiliki muatan yang berbeda, maka akan saling tarik menarik. Kejadian seperti ini dikenal sebagai gaya cuolomb.

Pembahasan

Benda yang bermuatan listrik memuat muatan positif dan negatif yang memenuhi sifat-sifat muatan listrik. Suatu atom atau benda dikatakan bermuatan negatif jika jumlah proton di inti lebih sedikit daripada jumlah elektron di kulit.

Jadi, benda yang bermuatan listrik negatif keadaannya adalah jumlah elektron > Jumlah proton. Jawaban yang tepat adalah A.