Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan Dengan Istilah Prasejarah

Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan Dengan Istilah Prasejarah

Untuk mengetahui alasan mengapa istilah praaksara lebih tepat untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulis-menulis, kita perlu memahami arti dari keduanya. Yakni pengertian praaksara dan prasejarah.
Pengertian praaksara secara umum terdiri dari dua kata, yakni pra dan aksara. Pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan. Jadi dapat kita ketahui bahwa definisi praaksara adalah kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.
Kemudian pengertian prasejarah, berasal dari dua kata, yakni pra dan sejarah. Pra artinya sebelum dan sejarah berarti peristiwa dimasa lalu. Dengan begitu dapat kita ketahui bahwa definisi prasejarah adalah kehidupan sebelum ada sejarah atau peristiwa sejarah.
Nah setelah mengetahui pengertian praaksara dan prasejarah, lalu kenapa para ahli sejarah mengganti istilah prasejarah dengan istilah praaksara?

Pembahasan

Mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah? penggunaan istilah prasejarah untuk menggambarkan perkembangan kehidupan dan budaya manusia saat belum mengenal tulisan kurang tepat. Pra berarti sebelum dan sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu yang berhubungan dengan aktivitas dan perilaku manusia, sehingga prasejarah berarti sebelum ada sejarah. Sebelum ada sejarah berarti sebelum ada aktivitas kehidupan manusia. Dalam kenyataannya sekalipun belum mengenal tulisan, makhluk yang dinamakan manusia sudah memiliki sejarah dan sudah menghasilkan kebudayaan. Oleh karena itu, para ahli mempopulerkan istilah praaksara untuk menggantikan istilah prasejarah.

Praaksara berasal dari dua kata, yakni pra yang berarti sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Dengan demikian, zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.

Dengan demikian, Istilah praaksara lebih tepat digunakan karena walaupun masa praaksara belum mengenal tulisan tetapi manusia pada masa ini sudah memiliki aktivitas hingga hasil kebudayaan.