Prosedur atau Tahapan Penelitian

Prosedur atau Tahapan Penelitian–Penelitian merupakan kegiatan yang cukup lumrah ditemukan, baik dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan. Dalam sebuah penelitian, terdapat prosedur atau tahapan penelitian disebut juga dengan metodologi penelitian. Untuk mengetahui apa itu metodologi penelitian yang perlu diketahui penulis, mari kita simak ulasannya dalam artikel ini.

Nama lain prosedur atau langkah-langkah penelitian yang harus penulis ketahui
Kegiatan penelitian merupakan salah satu kegiatan yang cukup umum, terutama di kalangan siswa atau guru. Pada umumnya kegiatan penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi dan pengetahuan baru tentang suatu masalah atau topik yang sedang diteliti.

Definisi penelitian ini diuraikan lebih detail dalam buku “Metodologi Penelitian Teori dan Pendekatan Praktis” karya Dr. Indra Prasetia, S.Pd, M.Si, CIQnR (2022: 2) yang menyatakan bahwa penelitian adalah proses ilmiah dan kegiatan untuk mengkaji dan menjawab masalah.

Lebih lanjut, dalam buku tersebut juga memaparkan bahwa tujuan penelitian identik dengan tujuan pengetahuan pada umumnya, yaitu membuat penjelasan, menyusun prediksi, serta mengendalikan fenomena yang terjadi dalam suatu batasan yang ditentukan. Dalam kegiatan penelitian yang dilakukan, seorang peneliti perlu mengetahui prosedur atau tahapan penelitian disebut juga dengan metodologi penelitian.

Tidak hanya isi metodologi penelitian yang dibahas dalam buku Perspektif Sistem Metodologi Penelitian Kuantitatif: Mengungkap Kebaruan dan Memenuhi Validitas Penelitian yang ditulis oleh Solimun, Armanu, Adji Achmad Rinaldo Fernandes (2018: 83). Di dalam buku tersebut dijelaskan bahwa bagian metodologi penelitian memuat uraian tentang pelaksanaan penelitian, termasuk metode dan prosedur pelaksanaan penelitian.

Berdasarkan penjelasan tentang metodologi penelitian, kita dapat melihat bahwa metodologi penelitian memegang peranan penting dalam struktur penelitian. Oleh karena itu, sebagai seorang penulis, kita harus menyusun suatu penelitian yang komprehensif dengan metodologi penelitian yang sesuai dengan kaidah-kaidah penyusunan penelitian yang berlaku.

Pembahasan

Prosedur atau tahapan penelitian disebut juga dengan? Karya ilmiah yaitu penyajian fakta yang ditulis sesuai metodologi penulisan yang baik dan benar. Sistematika karya ilmiah terdiri atas pendahuluan, pembahasan, metodologi penelitian, dan penutup. Metodologi penelitian berisi prosedur atau tahap penelitian, mulai dari persiapan, penentuan sumber data, pengolahan sampai pelaporan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.