Latar Belakang Perang Diponegoro

Latar Belakang Perang Diponegoro

Bagaimana Latar belakang perang Diponegoro berlangsung ? Pangeran Diponegoro merupakan seorang bangsawan yang memimpin Perang Jawa pada tahun 1825-1830, sampai saat ini perang ini merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda dan Indonesia selama masa pendudukannya di Nusantara. Inilah latarĀ  belakang atau sebab dari perlawanan Pangeran Diponegoro dari perang tersebut, dibagi menjadi dua yaitu perang umum dan perang khusus :

Sebab Umum Perang Diponegoro

  1. Daerah kekuasaan Kesultanan Yogyakarta semakin sempit
  2. Belanda ikut campur tangan dalam urusan pemerintahan dan pengangkatan raja pengganti.
  3. Kaum bangsawan sangat dirugikan karena sebagian besar sumber penghasilannya diambil alih oleh Belanda. Mereka dilarang menyewakan tanah bahkan diambil alih haknya.
  4. Adat istiadat keraton menjadi rusak dan kehidupan beragama menjadi merosot akibat pengaruh dari barat
  5. Penderitaan rakyat yang berkepanjangan sebagai akibat dari berbagai macam pajak, seperti pajak hasil bumi, pajak jembatan, pajak jalan, pajak pasar, pajak ternak, pajak dagangan, pajak kepala, dan pajak tanah.

Hal yang menjadi sebab khusus perlawanan Pangeran Diponegoro adalah adanya rencana pembuatan jalan yang melibatkan makam leluhur Pangeran Diponegoro di Tegalrejo.

Dengan demikian latar belakang perlawanan Pangeran Diponegoro disebabkan oleh sebab umum dan sebab khusus dimana sebab umum ialah berhubungan dengan rakyat terutama penderitaan yang ditimbulkan. Sedangkan sebab khusus ialah berkenaan dengan pembuatan jalan yang melewati makam leluhur Pangeran Diponegoro yang dilakukan tanpa sepengetahuannya.