Diafragma Merupakan Sekat Yang Membatasi

Diafragma Merupakan Sekat Yang Membatasi–Diafragma adalah bagian dari sistem pernapasan manusia. Diafragma adalah sekat yang memisahkan dada dan rongga perut. Simak penjelasan fungsinya pada artikel berikut ini.

Pembelajaran tentang sistem pernapasan manusia dan fungsinya merupakan bagian dari kurikulum IPA kelas lima sekolah dasar. Mahasiswa diharapkan mampu membangun model sederhana sistem pernapasan manusia. Dengan memahami proses tersebut, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui cara menjaga kesehatan pernapasan.

Diafragma sebagai Sekat yang Membatasi Rongga Dada dan Perut

Membran dapat digembungkan dan dikempiskan sesuai kebutuhan. Diafragma adalah sekat yang memisahkan dada dan rongga perut. Simak penjelasan fungsinya dari buku Ulangan Harian Tematik Semuanya Bisa Pintar Kelas 5 SD, Moh. Zulkifli, Nur Utari (2022:68).

Manusia bernafas untuk mempertahankan hidup. Sistem pernapasan manusia terdiri dari 2 proses yaitu;

  • Penghirupan terjadi ketika otot-otot di antara tulang rusuk berkontraksi hingga volume rongga dada mengembang. Akibatnya, udara dari luar tubuh bisa masuk ke paru-paru.
  • Pernafasan terjadi ketika otot-otot di antara tulang-tulang mengendur, sehingga volume rongga dada berkurang dan tekanan meningkat. Akibatnya, udara didorong keluar dari paru-paru.

Jenis Pernapasan pada Manusia

Berikut adalah jenis pernapasan pada manusia,
  • Pernapasan Dada.
Ketika menarik napas, tulang-tulang rusuk akan terangkat dan paru-paru membesar, sehingga udara masuk ke dalam paru-paru. Ketika menghembuskan udara, otot antartulang rusuk dan rongga dada mengendur sehingga udara terdorong keluar.
  • Pernapasan Perut.
Pengambilan udara terjadi saat rongga perut membesar dan diafragma mendatar, sehingga udara masuk ke paru-paru. Sebaliknya, saat rongga perut menyempit dan diafragma melengkung ke atas, udara terdorong keluar.
Diafragma merupakan sekat yang membatasi rongga dada dan perut. Oleh karena itu, selain berfungsi dalam organ pernapasan, diafragma juga termasuk dalam organ pencernaan.

Pembahasan

Diafragma merupakan sekat yang membatasi rongga dada dengan rongga perut. Pada mekanisme inspirasi pernapasan perut, diafragma berkontaksi sehingga bentuknya menjadi mendatar sehingga rongga dada semakin membesar. Pada mekanisme ekspirasi pernapasan perut, diafragma berelaksasi sehingga bentuknya menjadi melengkung sehingga rongga dada semakin mengecil.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.