Manfaat Pembiakan Hewan Secara Ovipar dan Vivipar

Manfaat Pembiakan Hewan Secara Ovipar dan Vivipar–Dalam materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, khususnya biologi, mungkin kamu pernah mendapatkan pertanyaan, seperti “Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar!”.

Sebelum menjawab pertanyaan “Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar!”, pastikan bahwa kamu sudah paham mengenai berbagai macam cara perkembangbiakan pada hewan. Keuntungan pembibitan ovarium dan ternak Mari kita bahas bersama cara menjawab pertanyaan “Jelaskan manfaat beternak telur dan hewan hidup!”

Pembiakan hewan ovipar

Dikutip dari Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap (RPAL), edisi revisi, Rahmat, 2016, reproduksi oosit adalah reproduksi yang dilakukan hewan dengan cara bertelur. Reproduksi ini biasanya dimulai ketika ovum atau sel telur dibuahi oleh sperma. Proses pembuahan ini dapat berlangsung di dalam tubuh (internal) dan di luar tubuh (eksternal).
Contoh hewan ovipar:
  • Ayam
  • Bebek
  • Penyu
  • Burung
  • Ikan
Manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar:
  1. Di dalam cangkang, embrio hewan dapat terlindung dengan aman dari lingkungan sekitarnya, terutama suhu dingin atau suhu panas.
  2. Telur hewan mengandung amnion sebagai sumber protein dan air bagi embrio. Cairan tersebut dapat melindungi embrio dari guncangan serta benturan.
  3. Kuning telur yang ada dalam cangkang merupakan cadangan makanan bagi embrio.
  4. Telur ditempatkan di sarang yang dibangun oleh induk hewan sehingga dapat terlindung dari predator.

Manfaat Pembiakan Hewan Secara Ovipar dan Vivipar

Pembahasan

Perkembangbiakan hewan secara ovipar adalah perkembangbiakan dengan cara bertelur. Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar, antara lain:

  1. janin (embrio) hewan terlindungi dari lingkungan karena embrio terbungkus oleh cangkang yang keras, misalnya dari suhu lingkungan yang terlalu dingin atau panas, serta
  2. embrio hewan yang terbungkus oleh cangkang telur juga terlindungi dari guncangan dan benturan.

Adapun perkembangbiakan hewan secara vivipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan. Perkembangbiakan ini juga memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. induk dapat membawa embrio yang berkembang di dalam tubuhnya sehingga embrio dapat terhindar dari serangan predatornya dan
  2. kebutuhan makanan saat embrio berkembang dapat terjamin oleh induknya.