Faktor Internal Peningkatan Hubungan Internasional

Faktor Internal Peningkatan Hubungan Internasional–Hubungan internasional merupakan hubungan yang dilakukan antar satu negara dengan negara lainnya untuk mencapai kepentingan nasional. Hubungan internasional bisa dilakukan dalam berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, keamanan, sosial budaya, serta politik.

Faktor eksternal

Berbeda dengan faktor internal, faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar suatu negara. Penjelasannya sebagai berikut:

  • interdependensi negara-negara Sepanjang hidupnya, suatu negara tidak dapat hanya mengandalkan kemampuan nasionalnya sendiri. Misalnya, ketika menyelesaikan masalah ekonomi, hukum, dan politik, negara-negara menyadari hal ini dan akhirnya memutuskan untuk membangun hubungan internasional.
  • Membangun komunikasi dan persahabatan antar negara Tujuan hubungan internasional adalah untuk menjalin komunikasi dan hubungan persahabatan antar negara, menjalin kerja sama yang produktif dan bermanfaat.
  • Negara-negara berusaha menciptakan tatanan dunia baru menjalin hubungan internasional karena ingin memberikan manfaat bagi kesejahteraan dan perdamaian masyarakat dunia.

Pembahasan

Faktor internal yang mendorong peningkatan internasional adalah faktor internal dan eksternal.

  1. Adanya kepentingan nasional yang tidak bisa dipenuhi kalau hanya dilakukan didalam negeri, baik yang sifatnya ekonomis, politik, kultural, ataupun keamanan.
  2. Keinginan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan nasional.
  3. Keinginan untuk bisa menjalin hubungan politik dan memperoleh dukungan dari negara lain.
  • Dari sisi eksternal, pendorong terjadinya hubungan internasional adalah sebagai berikut.
  1. Adanya perbedaan kemampuan atau skill dalam pemahaman ilmu pengetahuan di berbagai bidang.
  2. Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim,tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan perbedaan pendapatan negara.

Faktor Internal Yang Mendorong Peningkatan Hubungan Internasional Adalah

Dengan demikian, terdapat dua faktor pendorong terjadinya hubungan internasional, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal pendorong terjadinya kerjasama Internasional yakni adanya kepentingan nasional yang tidak dapat dipenuhi di dalam negeri hingga adanya keinginan untuk menjalin hubungan politik. Faktor eksternal yang  menjadi pendorongnya adalah adanya perbedaan kemampuan dalam pemahaman ilmu hingga perbedaan sumber daya.