Bahan Yang Dapat Menghantarkan Panas Disebut

Selamat datang di Liputanberitaku.com. Bahan Yang Dapat Menghantarkan Panas Disebut–Apa yang dimaksud dengan konduktor? Lihat di bawah untuk penjelasan tentang arti dan contoh. Secara umum, zat atau bahan dapat dikelompokkan menjadi konduktor atau isolator. Apa perbedaan antara keduanya?

Konduktor adalah benda atau bahan yang membawa panas, listrik atau suara. VII ditulis oleh Mundilarto dan Edi Istiyono. Menurut buku Fisika Sekolah Menengah 1, seberapa baik suatu zat menghantarkan kalor atau kalor bergantung pada kekuatan dan kelemahan ikatan listrik antar molekulnya.

Konduktor termal dan listrik yang baik adalah padatan yang molekulnya melepaskan elektron eksternalnya dengan mudah. Sedangkan isolator adalah benda atau bahan yang sulit menghantarkan panas atau listrik.

Tidak seperti konduktor, molekul benda isolasi mengalami kesulitan melepaskan elektronnya karena terikat erat.

Contoh Bahan Konduktor
Contoh benda konduktor bisa sangat mudah ditemui di sekitar kita. Benda konduktor panas dan listrik yang baik adalah benda yang terbuat dari bahan logam, besi, tembaga, perak, dan aluminium.

Contoh benda konduktor, yakni
1. Wajan
2. Panci
3. Dandang
4. Teko
5. Paku
6. Sendok dan garpu logam
7. Kawat

Berdasarkan contoh di atas, sebagian besar benda konduktor terdapat pada peralatan masak. Penggunaan bahan konduktor pada alat masak bertujuan agar masakan cepat panas dan matang.

Contoh Bahan Isolator
Penggunaan bahan isolator memiliki manfaat untuk mencegah aliran panas atau listrik. Contoh bahan atau benda dengan sifat isolator yang baik, yaitu
1. Kayu
2. Kertas
3. Kain wol
4. Jerami
5. Gabus
6. Plastik
7. Karet

Pembahasan

Bahan yang berbeda jenis memiliki kemampuan untuk menghantarkan panas secara konduksi yang berbeda pula. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut konduktor, sedangkan benda yang menghantarkan panas dengan buruk disebut isolator.  Contoh benda yang termasuk konduktor adalah logam, sedangkan contoh benda yang termasuk isolator adalah kayu dan plastik.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.