Simak Negara Kepulauan Terbesar Di Asia Tenggara

Simak Negara Kepulauan Terbesar Di Asia Tenggara–Negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara tidak lain adalah Indonesia. Negara kepulauan adalah istilah yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk negara yang terdiri dari banyak pulau. Ada banyak negara pulau di Asia Tenggara yang diakui oleh ASEAN dan PBB.

Kawasan Asia Tenggara terbagi menjadi dua bagian menurut bentuk atau letak negaranya, yaitu kawasan daratan dan kepulauan. Daratan juga dikenal sebagai daratan. Negara-negara daratan Asia Tenggara adalah Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja. Sedangkan insuler adalah kepulauan. Ini termasuk negara-negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia. Malaysia ada di kedua bentuk negara, karena wilayahnya terbagi menjadi daratan dan pulau-pulau terpisah. Simak Negara Kepulauan Terbesar Di Asia Tenggara

1.Indonesia

merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara dan dunia. Dengan luas 1,905 juta kilometer persegi, Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, termasuk pulau-pulau kecil. Wilayah Indonesia juga dilalui oleh jalur pelayaran utama dunia yang merupakan jalur pelayaran tersibuk di dunia yaitu Selat Malaka. 2. Filipina

2.Filipina

merupakan negara kepulauan terbesar kedua di Asia Tenggara. Secara global, Filipina menempati urutan kelima negara kepulauan terbesar. Negara yang terkenal dengan pertanian perbukitan ini memiliki luas 300.000 kilometer persegi. Ada 7.641 pulau di wilayah negara.

3. Malaysia

Malaysia adalah negara yang di dalamnya terdapat negara bagian atau bisa juga disebut negara federal. Ibu kota Malaysia adalah Kuala Lumpur yang terletak di daratan Asia Tenggara. Seperti bagian lain negara ini, terletak di kepulauan. Dijuluki “Negara Tetangga”, luas negara ini adalah 329.847 kilometer, termasuk 878 pulau.

4. Singapura

Meski wilayahnya sedikit berbeda dengan provinsi DKI Jakarta di Indonesia, Singapura sebenarnya memiliki belasan pulau. Luas Singapura sendiri adalah 728,6 kilometer dengan sekitar 60 pulau. Namun, dari pulau-pulau ini, Singapura telah memulihkan pulau-pulau kecilnya. Hingga saat ini, Singapura hanya terdiri dari tiga pulau besar, yaitu Pulau Sentosa, Pulau Singapura, dan Pulau Ubin. Baca Juga: Daftar Negara Terindah di Dunia, Indonesia Nomor Satu 5. Brunei Darussalam Negara pulau terbesar kelima di Asia Tenggara adalah Brunei Darussalam. Luas negara adalah 5.765 kilometer persegi. IKLAN Baca berita tanpa iklan. Bergabunglah dengan Kompas.com+ Sebuah wilayah Brunei Darussalam juga terdapat di pulau Kalimantan, Kalimantan. Wilayah Brunei Darussalam terbagi menjadi empat kabupaten atau provinsi. Di dalam kepulauan Asia Tenggara ini, pulau-pulau kecil mengelilingi daratan.

Pembahasan

Negara Kepulauan Terbesar Di Asia Tenggara Adalah Negara?  Negara-negara kepulauan di ASEAN adalah Brunei Darusallam, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Luas masing-masing negara adalah sebagai berikut.

  • Indonesia = ± 1.9 juta km²
  • Malaysia = ± 330.434 km²
  • Singapura = ± 622 km²
  • Filipina = ± 300.000 km²
  • Brunei Darussalam = ± 5.765 km²

Berdasarkan data diatas, maka negara kepulauan terbesar di asia tenggara adalah negara Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined