Teks Eksplanasi Bertujuan Untuk

Teks Eksplanasi Bertujuan Untuk–Tujuan teks eksplanasi adalah untuk memberikan informasi, pemahaman dan pengetahuan. Teks eksplanasi sendiri merupakan teks yang memuat penjelasan secara mendetail dan secara logis menggambarkan langkah-langkah dalam prosesnya.

Ini dapat membantu mempermudah tugas sehari-hari. Teks eksplanasi diperlukan untuk menjelaskan peristiwa, objek, dan fakta. Mengetahui tujuan teks ekspositori dapat membantu membedakannya dari jenis teks lainnya.

Eksplanasi adalah untuk membantu pembaca memahami informasi tertentu atau bagaimana suatu peristiwa mungkin terjadi. Anda perlu mengenali makna, karakteristik, dan strukturnya agar lebih mudah mengenali jenis teks ini.

Sebelum Anda dapat mengenali tujuan teks eksposisi, Anda harus terlebih dahulu memahami maknanya. Penjelasan adalah penjelasan atau penjelasan dan penjelasan informasi, pernyataan atau fakta. Jadi apa itu teks eksplanasi dapat diartikan sebagai teks yang menceritakan bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi.

Yang memuat proses-proses yang berkaitan dengan fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Teks ekspositori memberi tahu pembaca bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi. Teks ini berisi deskripsi terperinci dan secara logis menjelaskan langkah-langkah proses.

Ciri-ciri teks eksplanasi

Seperti teks lainnya, teks eksplanasi memiliki karakteristiknya sendiri. Ciri-ciri tersebut membedakan teks ekspositori dengan teks lainnya. Ciri-ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

  • Tujuan teks eksplanasi adalah untuk memberikan informasi, pengertian dan pengetahuan.
  •  penjelasan menjawab pertanyaan tentang apa, mengapa dan bagaimana.
  • Dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami dan menggunakan bahasa baku.
  •  biasanya disediakan dalam susunan yang logis.
  •  Eksplanasi biasanya berisi penentu waktu, penentu metode, konjungsi kronologis dan indikator.
  •  Nonfiksi yang memuat data logika, fakta, dan opini.
  •  Faktual, karena berisi semua informasi faktual dan ilmiah.
  •  Menggunakan konjungsi kausal dan kronologis. Contoh konjungsi kausal meliputi: karena, untuk alasan itu, untuk ini, atau lebih. Sedangkan contoh konjungsi kronologis adalah: kemudian, kemudian, setelah, akhirnya.

Bertujuan Untuk

Pembahasan

Teks eksplanasi bertujuan untuk menyajikan informasi berupa fakta dan memberikan pemahaman yang sejelas-jelasnya kepada pembaca agar menjadi paham atau mengerti mengenai fenomena yang terjadi sekaligus menambah wawasan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.