Tari Pattudu dan Tari Pakarena Berasal Dari Daerah

Selamat datang di Liputanberitaku.com Tari Pattudu dan Tari Pakarena Berasal Dari Daerah–Tari Pakarena adalah tarian adat tradisional suku Makassar di Sulawesi Selatan yang diiringi oleh 2 (dua) buah gendang kulit (gandrang) dan alat musik sejenis seruling (puik-puik).[1 Selain tari pakarena yang dibawakan oleh (alm) maestro tari pakarena Maccoppong Daeng Rannu di Kabupaten Gowa, ada satu lagi jenis tari pakarena yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Selayar yaitu ‘tari Pakarena Gantarang’.

Disebut Tari Pakarena Gantarang karena tarian ini berasal dari Selayar, sebuah desa yang pernah menjadi pusat kerajaan di Pulau Selayar yaitu Gantarang Lalang Bata. Tarian yang dibawakan oleh empat orang penari wanita ini pertama kali dipentaskan pada abad ke-17 pada tahun 1603 ketika Pangali Patta Raja dinobatkan menjadi raja di Gantarang Lalang Bata.

Tak heran jika gerakan tarian ini sangat artistik dan sarat makna, halus bahkan sangat sulit dibedakan satu sama lain. Tarian ini dibagi menjadi 12 bagian. Setiap gerakan memiliki arti khusus. Posisi duduk menandai awal dan akhir dari tarian Pakarena. Gerakan rotasi mengikuti siklus hidup manusia searah jarum jam.

Sementara itu, gerakan naik turun seperti cermin ritme kehidupan. Sesuai aturan main, penari Pakarena tidak boleh membuka mata terlalu lebar. Begitu juga dengan gerakan kaki, jangan mengangkatnya terlalu tinggi. Ini benar selama tarian, yang berlangsung sekitar dua jam. Tari Pakarena Gantarang diiringi oleh alat musik seperti gendang, meriam, gong, kancing dan pui-pui. Sedangkan kostum penarinya berupa baju bodo (tenunan tangan), lipa’ sa’be (sarung sutra khas suku

Makassar di Sulawesi Selatan) dan permata khas Kabupaten Selayar. Pada tahun 2007, Tari Pakarena Gantarang mewakili Sulawesi Selatan dan Indonesia pada acara Jembatan Budaya Indonesia-Malaysia 2007 di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC).

Jawabannya:

  1. Tari Pattudu berasal dari Sulawesi Barat.
  2. Tari Pakarena berasal dari Sulawesi Selatan.

Pembahasan:

Terkait soal tari pattudu dan tari pakarena berasal dari daerah mana, tari Patuddu adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Sulawesi Barat. Tarian ini biasanya dibawakan oleh para penari wanita dengan gerakannya yang lemah gemulai dan menggunakan kipas sebagai alat menarinya.

Tari pakarena merupakan satu dari sekian tarian tradisional yang tersebar di wilayah Indonesia. Tarian yang berasal dari Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini memiliki gerakan indah yang mampu membuat penontonnya terpukau.

Jadi Tari Pattudu berasal dari Sulawesi Barat, dan Tari Pakarena berasal dari Sulawesi Selatan.