Inilah Langkah Awal Jepang Untuk Menguasai Asia

Inilah Langkah Awal Jepang Untuk Menguasai Asia–Setelah Perang Dunia I berakhir pada tahun 1918, beberapa negara termasuk Jepang mulai menyerang. Ambisi Jepang untuk menguasai kawasan Asia mendorongnya melancarkan serangan ke beberapa negara.

Mengutip Seri IX Seri Sejarah IPS Drs. Prawoto, M.Pd., Langkah pertama Jepang untuk menguasai Asia adalah penyerangan pangkalan AS di Pearl Harbor pada 7 Desember 1941. Momen bersejarah ini menjadi titik awal Perang Asia Timur Raya.

Adanya pengeboman dan pernyataan perang lainnya semakin meluas, hingga pecahnya Perang Dunia Kedua. Pasca penyerangan pangkalan militer Pearl Harbor, Jepang memperluas ekspansinya ke negara-negara Asia. Dalam strategi militer, serangan pertama adalah cara jitu untuk menyerang lawan. Taktik ini digunakan oleh negara-negara blok Jerman selama Perang Dunia II.

Pekerja AS merakit sayap tengah pembom B-24E (Liberator) Perang Dunia II pada Februari 1943. Foto: HO/The National Archives/AFP
Dalam buku IPS 3 Untuk Kelas IX SMP disebutkan bahwa Jepang berhasil merebut wilayah Vietnam (Indocina) dari tangan pemerintah Perancis. Vietnam kemudian dijadikan pangkalan armada utama Jepang untuk penyerangan ke Asia Tenggara.

Jepang kemudian membuka Perang Pasifik dengan melancarkan serangan mendadak ke Pearl Harbor pada 7 Desember 1941. Pearl Harbor adalah pangkalan angkatan laut AS di Pasifik.

Inilah Langkah Awal Jepang Untuk Menguasai Asia

Pembahasan

Langkah awal yang dilakukan oleh Jepang untuk menguasai Asia adalah dengan Perang Asia Timur Raya yang secara resmi dimulai pada 8 Desember 1941, ketika Jepang mengebom Pearl Harbour, pangkalan militer AS di Hawai, Samudra Pasifik. Kemenangan Jepang di Pearl Harbour dan tempat lainnya mendorong Jepang melebarkan sayapnya ke Asia Tenggara. Jepang ingin mengalahkan AS dan sekutu-sekutunya yakni Inggris, Belanda, dan Australia. Negara-negara di Asia Tenggara saat itu merupakan koloni bangsa Eropa.

Inggris menguasai Birma (Myanmar), Malaya (Malaysia), dan Borneo (Kalimantan). Perancis menguasai Indochina (Kamboja, Laos, dan Vietnam). Spanyol menguasai Filipina (Spanish East Indies). Sementara Indonesia dikuasai Belanda (Hindia Belanda). Tak cuma Pearl Harbour, pada 8 Desember 1941 Jerpang juga menyerang Filipina, Malaysia, Singapura, Hong Kong, hingga Thailand.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.