Benua Dengan Distribusi Penduduk Yang Relatif Merata

Benua Dengan Distribusi Penduduk Yang Relatif Merata Terdapat Di–Asia adalah benua terbesar dan terpadat di dunia. Populasi benua Asia sangat beragam. Untuk memahaminya, berikut adalah dinamika demografi Asia! Penduduk Benua Asia Menurut World Population Data Sheet (WPDS), jumlah penduduk Asia akan mencapai 4.641.054.775 pada tahun 2020. Jumlah ini akan meningkat menjadi 4.726.841.356 pada tahun 2022.

Artinya, jumlah penduduk Asia meningkat sebanyak 115,78 juta jiwa hanya dalam waktu dua tahun. . Artinya, sekitar 59,76% penduduk dunia tinggal di benua Asia. Populasi Asia tersebar tidak merata. Wilayah dengan populasi dan kepadatan tinggi terdapat di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Banyak negara Asia yang merupakan negara terpadat di dunia, seperti China, India, dan Indonesia. Sementara itu, interior Asia relatif lebih sedikit penduduknya.

Pembahasan

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah C.

Berikut adalah penjelasannya.

Benua dengan distribusi penduduk yang relatif merata terdapat di? Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), distribusi penduduk merupakan suatu ukuran persebaran penduduk yang paling sederhana atau distribusi persentase penduduk. Distribusi penduduk di tiap benua memiliki perbedaan, ada yang tersebar secara merata atau tidak merata. Nah, persebaran penduduk di Benua Amerika tidak merata. Hal ini dikarenakan konsentrasi penduduk Amerika berada di bagian timur dan barat Amerika Serikat, Amerika Tengah dan Karibia, serta bagian barat dan timur Amerika Selatan. Bagian tengah Benua Amerika umumnya lebih rendah kepadatan penduduknya.

Selain itu, persebaran penduduk Benua Afrika dan Australia juga tidak merata. Australia memiliki daratan yang cukup luas, namun hanya sedikit yang layak untuk dihuni. Sebagian besar daratan di Australia merupakan gurun yang sangat kering. Oleh karena itu, penduduk Australia lebih banyak menghuni daratan-daratan yang dekat dengan pantai di wilayah timur dan selatan Australia selain karena iklimnya yang sejuk dan curah hujan yang cukup, daerah perkotaan merupakan pusat-pusat ekonomi bagi penduduk Australia.

Nah, benua dengan distribusi penduduk yang relatif merata berada di Eropa. Hal ini dikarenakan Eropa sebagai wilayah tujuan migrasi penduduk dari berbagai negara, khususnya negara-negara di Afrika Utara dan Timur Tengah. Umumnya, penduduk Eropa banyak tinggal sekitar kawasan Eropa Utara, Selatan, dan Barat. Dimana, konsentrasi penduduk tampak pada kota-kota besar seperti Amsterdam, Brussel, London, Madrid, dan Warsawa.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang tepat untuk soal ini adalah C.