Peranan Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Peranan Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari–Contoh peranan ilmu kimia dalam bidang pertanian ada banyak macamnya. Apalagi, dalam kehidupan sehari-hari ilmu kimia sangat erat kaitannya. Ilmu kimia adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang suatu komposisi, struktur dan sifat yang ada pada zat serta perubahannya. Berikut penjelasan mengenai peran ilmu kimia.

Hasil pengembangan ilmu kimia selain berperan dalam pembuatan produk-produk pupuk yang bermanfaat pada proses produksi pertanian, juga membantu di bidang penggunaan peralatan seperti sepatu boot, cangkul, sarung tangan, topi, traktor dan lain-lain. Peranan Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Rangsang Listrik adalah Neurotransmitter, Ini Penjelasan dan Contohnya Dari contoh penerapan dalam bidang pertanian, peranan ilmu kimia terbukti ikut memajukan dan mendukung kemajuan teknologi pertanian. Semoga contoh peranan ilmu kimia dalam bidang pertanian di atas bisa menambah pengetahuan kalian ya!

Pembahasan

Peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari hari dapat dapat diterapkan dalam berbagai bidang, seperti pertanian, farmasi, industri, biologi, pertambangan.

  1. Dalam Bidang pertanian,  dalam produksi pupuk berfungsi menyuburkan tanah dan pestisida berfungsi untuk membasmi hama penyakit. Dalam pembuatannya kita mempelajari komposisi senyawa untuk membuat pupuk atau pestisida.
  2. farmasi, ilmu kimia diperlukan dalam membuat atau meracik obat – obatan. Obat – obatan tersebut dibuat setelah melalui pengkajian dari proses dan reaksi bahan-bahan kimia.
  3. industri, dimanfaatkan untuk produksi semen, cat, tekstil, makanan, minuman, plastik, beberapa produk industri tersebut dibuat dengan riset dari pengetahuan ilmu kimia.
  4. biologi, bermanfaat dalam mempelajari interaksi dan proses yang berlangsung pada makhluk hidup, contohnya adalah fotosintesis.
  5. pertambangan, dimanfaatkan ketika melakukan proses pertambangan dan pengolahan pada gas dan minyak yang ada di bumi.

Jadi, dapat disimpulkan manfaat ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari yaitu dalam bidang pertanian untuk pembuatan pestisida, farmasai untuk obat-obatan, industri untuk cat, semen, bidang biologi untuk mempelajari proses makhluk hidup, dan pertambahan untuk pengolahan minyak dan gas.space