Fungsi Kaki Katak Saat Berada Di Air

Selamat datang di liputanberitaku.com – Fungsi Kaki Katak Saat Berada Di AirAlat gerak katak adalah kaki untuk melompat. Setiap makhluk hidup memiliki organ gerak yang berfungsi untuk mempermudah kegiatan, seperti berjalan, berlari, berjongkok, berenang, menendang, melompat, memanjat, dan sebagainya. Pada hewan, organ gerak terbagi menjadi dua, yaitu organ pasif berupa tulang, dan organ aktif berupa otot.

Katak sebagai hewan yang aktif melompat banyak menggunakan organ geraknya. Nama organ gerak katak adalah tungkai kaki yang berfungsi untuk melompat jauh.

Fungsi Kaki Katak Saat Berada Di Air

Alat gerak katak dan fungsinya
Kaki katak terdiri dari sepasang kaki belakang dan sepasang kaki depan, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Menurut buku Animal and Human Locomotor Organs karangan Tim Arif, fungsi kaki katak adalah sebagai berikut:

1. Cakar depan
Kaki depan katak digunakan untuk menopang tubuh katak saat mendarat. Terdapat selaput tipis di antara jari-jari yang berguna untuk berenang.

2. Kaki belakang
Kaki belakang katak digunakan untuk lompat jauh. Ukurannya lebih panjang dari kaki depan katak, sehingga otot kaki belakangnya lebih kuat. Ini juga digunakan untuk melarikan diri dari predator dengan cepat.

Beberapa spesies katak berhibernasi dengan cara mengubur diri di dalam tanah, itulah sebabnya mereka memiliki tanduk di kaki belakangnya yang digunakan untuk menggali tanah.

Pembahasan

Ciri-ciri Khusus pada Hewan Katak
Katak memiliki beberapa ciri khusus yang tidak dimiliki oleh amfibi lainnya. Ciri khusus katak antara lain:

1. Lidah
Rata-rata hewan amfibi memiliki lidah yang lengket dan elastis. Lidah katak sangat lengket tetapi sangat lembut. Lidahnya berfungsi untuk menangkap serangga.

Saat ada serangga, katak akan menjulurkan lidahnya yang panjang dengan cepat, kemudian menggulung lidahnya ke dalam mulut. Serangga yang sudah terkena lidah katak tidak akan bisa berkutik karena daya rekatnya yang luar biasa.

2. Kaki
Katak memiliki empat kaki dengan kaki belakang yang lebih panjang dari kaki depan. Beberapa jenis katak seperti Bufonidae memiliki kaki belakang yang pendek, sehingga tidak bisa melompat cepat, jadi mereka akan berkamuflase untuk melindungi diri.

3. Bentuk Tubuh
Jenis katak memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda, ada yang memanjang, bulat dan ramping. Sebagian besar jenis katak betina memiliki tubuh yang lebih besar dari katak jantan.

4. Mata
Katak memiliki penglihatan yang sangat baik pada malam hari. Bentuk matanya menonjol, bulat dan melotot. dengan warna yang indah. Bidang pandang katak bisa sampai 180 derajat, matanya bisa berputar ke depan, samping bahkan hampir ke belakang. Pada mata katak terdapat selaput tambahan yang berfungsi untuk melihat di dalam air.

5. Warna Kulit
Warna kulit katak berbeda-beda menyesuaikan dengan habitatnya. Beberapa jenis katak bahkan mampu berkamuflase dengan warna kulitnya. Warna kulitnya bisa berubah menyesuaikan lingkungan dan keadaan.

Setiap hewan memiliki alat gerak yang disesuaikan dengan aktivitas dan tempat hidupnya. Kaki katak berfungsi untuk berjalan, melompat dan berenang. Fungsi kaki katak saat berada di air adalah untuk berenang.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

a.1