Bagian Akhir Dari Cerita Dalam Struktur Teks Anekdot Disebut

Bagian Akhir Dari Cerita Dalam Struktur Teks Anekdot Disebut–Abstraksi adalah bagian dari struktur sebuah teks anekdot. Struktur anekdot sendiri berjumlah 5 bagian yang terdiri dari abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.

Fungsi dari abstraksi adalah untuk menggambarkan isi keseluruhan teks anekdot dalam bentuk lebih singkat. Untuk itu, struktur ini umumnya terletak di awal paragraf dan seringkali disebut tahap pembukaan, seperti dikutip dari Intisari Materi Bahasa Indonesia SMA oleh Ai Mulyati dan Nurfajriah Hanifah.

Abstraksi dalam sebuah teks anekdot biasanya berisikan hal-hal unik dalam sebuah teks anekdot. Meskipun wajarnya sebuah teks anekdot mengandung abstraksi, namun bagian ini boleh ada atau tidak ada yang berarti sifatnya opsional. Selain abstraksi, teks anekdot tersusun dari struktur teks berikut ini.

Struktur Penyusun Teks Anekdot

Orientasi
Mengutip modul Bahasa Indonesia Kemdikbud Kelas X yang disusun oleh Indri Anatya Permatasari, setelah bagian abstraksi, terdapat bagian orientasi yang menjelaskan latar belakang sebuah peristiwa. Bagian ini menceritakan awal dari kejadian dengan penggambaran yang lebih detail. Di sini, penggambaran cerita mulai diarahkan ke bagian krisis atau konflik.

Krisis atau Komplikasi
Bagian krisis menjadi puncak dari sebuah teks anekdot. Bagian ini menunjukkan masalah unik yang menjadi pesan utama yang ditulis penulis.

Krisis pun dimaknai sebagai saat terjadinya kejanggalan atau ketidakpuasan. Untuk itu, bagian ini juga kerap disebut inti dari peristiwa anekdot.

Reaksi
Bagian reaksi merupakan respon atau tanggapan atas krisis yang sebelumnya sudah diceritakan. Reaksi biasanya berisi pemaparan yang mengejutkan serta tidak terduga. Oleh karena itu, dalam bagian inilah diselipkan ungkapan mencela atau menertawakan.

Koda
Koda adalah bagian akhir dari teks anekdot. Bagian ini berisikan tentang kesimpulan yang bisa berupa komentar, persetujuan, atau penjelasan maksud dari isi cerita secara keseluruhan.

Dalam bagian koda ini biasanya ditandai dengan kata akhirnya, demikianlah, atau seperti itulah. Lebih lanjut, keberadaannya opsional pada sebuah teks anekdot.

Pembahasan

Jawaban dari pertanyaan bagian akhir dari cerita dalam struktur teks anekdot disebut…E.

Untuk memahami jawabannya, berikut pembahasannya.

Teks anekdot adalah cerita pendek yang berisi cerita humor tentang seseorang atau peristiwa dengan tujuan mengkritiknya melalui sindiran. Lirik anekdot disusun untuk mengkritisi kondisi sosial yang mempengaruhi penonton, namun dengan cara yang unik dan menghibur.

Teks anekdot memiliki struktur bangunan yang meliputi hal-hal berikut.

  1. Abstrak adalah bagian awal yang memuat gambaran umum pertama.
  2. Orientasi meliputi karakter, kondisi, waktu, tempat, dll. identifikasi.
  3. Krisis adalah bagian yang berisi hal-hal unik atau tidak biasa atau masalah yang terjadi pada penulis atau orang yang Anda ajak bicara.
  4. Reaksi adalah bagian yang berisi tanggapan terhadap krisis.
  5. Coda adalah bagian penutup cerita yang menunjukkan akhir cerita.

Berdasarkan penjelasan tersebut, bagian akhir cerita dalam struktur teks anekdot disebut koda.

Jadi jawaban yang benar adalah E.