Pemimpin Dalam Pementasan Teater Adalah

Pemimpin Dalam Pementasan Teater Adalah–

Salah satu aspek yang tak terlewatkan dalam pementasan teater adalah proses merancang pementasan. Sebuah pementasan teater tidak akan berjalan dengan lancar tanpa proses yang satu ini.
Dalam membuat pagelaran seni termasuk pertunjukan teater, kita tentu menginginkan hasil kerja keras terbayarkan dengan penampilan yang maksimal. Tidak hanya itu, apresiasi penonton juga menjadi faktor keberhasilan. Oleh karena itu, merancang pementasan teater secara maksimal harus diterapkan.

Mengutip buku Seni Budaya SMA/MA Kelas 10 oleh Jelly Eko Purnomo dan Zefri Yandra, pementasan teater secara umum merupakan proses komunikasi atau interaksi antara pementasan teater dengan penontonnya secara langsung maupun tidak langsung. Pementasan teater terbagi menjadi dua macam, yakni teater tradisional dan teater modern.

Adapun pementasan teater dibangun oleh suatu sistem pengelolaan yang terstruktur dan sistematis. Dalam proses berteater, pementasan merupakan tahapan akhir dan paling puncak. Inilah mengapa merancang pementasan teater harus dipersiapkan dengan matang.

Unsur dalam Merancang Pementasan Teater

Dalam merancang pementasan teater terdapat unsur-unsur yang perlu diperhatikan oleh pengelola seni. Adapun unsur pementasan teater seperti yang dikemukakan oleh Purnomo dan Yandra adalah sebagai berikut:

    • Kondisi panggung
    Unsur ini menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Hal ini disebabkan karena panggung merupakan bagian yang menggambarkan setting latar dalam pementasan teater.
    • Properti
    Mempersiapkan properti menjadi salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Hal ini berkaitan dengan penambahan nilai dramatik ketika pemain melakukan adegan.
    • Tata busana
    Tidak hanya properti, penampilan para pemain juga ditunjang oleh tata busana yang dikenakan. Pemilihan busana disesuaikan dengan naskah yang sedang digarap.
    • Tata rias
    Dalam teater, tata rias dapat mempertegas ekspresi para pemain. Dengan memperhatikan unsur tata rias, secara tidak langsung dapat memaksimalkan penampilan para pemain ketika pementasan tiba.
    • Penataan cahaya dan sound system
    Unsur penataa cahaya dan sistem suara juga memengaruhi hasil penampilan teater. Penataan cahaya yang baik membantu penonton menikmati adegan yang ditampilkan. Selain itu, pemilihan sound system juga dapat berdampak terhadap tingkat kenyamanan para penonton ketika pagelaran teater dilangsungkan.

 

Pembahasan

Seorang sutradara dalam teater bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terkait dengan pemanggungan. Mulai dari memilih dan mengaktualisasikan naskah, memilih dan melatih pemain, hingga bekerjasama dengan penata panggung, penata musik, penata rias dan busana, dan staff pendukung lainnya agar dapat menghasilkan sebuah karya pementasan teater yang sesuai ekspektasi.

Sutradara jugalah yang harus menyiapkan perencanaan kerja, seperti jadwal latihan serta jadwal pertunjukkan. Sutradara merupakan seseorang yang paling bertanggung jawab terhadap seluruh elemen artistik dalam pementasan.

Jadi, pemimpin dalam pementasan teater adalah c. sutradara