Motif Jepang Menginvasi Indonesia

Motif Utama Jepang Dalam Menginvasi Indonesia Adalah

Berikut ini jawaban dari soal-soal diatas :

  1. D. Memenuhi kebutuhan militer Jepang.
  2. D. Melindungi Indonesia dari kekejaman bangsa barat.
  3. B. Mendapatkan bantuan dalam menghadapi perang pasifik.
  4. Tidak ada opsi jawaban yang tepat
  5. C. Menggalang dukungan rakyat untuk berbakti dan rela berkorban demi perang Jepang.

Motif Utama Jepang Dalam Menginvasi Indonesia

Pembahasan

1 yang palingtepat adalah opsi D.

  • Tujuan utama jepang menduduki Indonesia adalah untuk menguasai sumber daya alamnya guna mendukung potensi perang jepang dan juga Jepang mencari dukungan berupa SDM yang dikerahkan untuk membantu dalam peperangan Asia Timur Raya, dengan demikian bisa ditarik garis lurus bahwa motif utama jepang adalah untuk memenuhi kebutuhan militer Jepang.

2 yang paling mendekati adalah opsi B,

  • Sebenarnya dari pilihan diatas tidak ada opsi yang tepat hanya ada opsi jawaban yang paling mendekati, yaitu melindungi Indonesia dari kekejaman bangsa barat dengan cara memberikan atau menjanjikan kemerdekaan terhadap Indonesia, berikut ini beberapa propaganda simpatik Jepang :
  1. mengaku sebagai saudara tua bangsa Indonsia.
  2. mengizinkan bangsa Indonesia untuk menggunakan bahasa Indonesia, menyanyikan lagu Indonesia raya dan mengibarkan bendera merah putih disamping bendera Jepang.
  3. bersikap baik terhadap bangsa Indonesia.
  4. mengusahakan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

3 yang paling tepat adalah opsi B,

  • Pembentukan PETA (Pembela Tanah Air) memiliki tujuan untuk menghadapi perang Asia Timur Raya dari serangan blok sekutu. Dalam menghadapi sekutu tersebut jepang meminta bantuan kepada pemimpin nasionalis dan Islam supaya dapat memenangkan peperangan. Pembentukan PETA ini diinisasi oleh tokoh Indonesia yang bernama Gatot Mangkupraja.

4,

  • Pendiri dari kerajaan samudera pasai adalah Meurah Silu, Samudera Pasai merupakan Kerajaan Islam pertama di Indonesia dan berada di Aceh. Kerajaan Samudera Pasai ini berdiri pada abad ke 13 masehi, lebih tepatnya pada tahun 1267 masehi.

5 yang tepat adalah opsi D.

  • Jawa Hokokai atau Himpunan Kebaktian Jawa dibentuk tahun 1944 yang dibentuk oleh Panglima Tentara ke-16, Jenderal Kumakici Harada. Pada masa ini, Jepang membutuhkan persatuan dan semangat segenap rakyat baik lahir maupun batin. Rakyat diharapkan memberikan darma baktinya terhadap pemerintah demi kemenangan perang. Tujuan pendirian organisasi ini adalah untuk penghimpunan tenaga rakyat, baik secara lahir atau batin sesuai dengan hokosisyin (semangat kebaktian).